Peringati Hari Jadi Ciamis, Dinas Perpustakaan Gelar Lomba Bertutur

Perpustakaan gelar lomba bertutur
Pembagian Thropy kepada Siswa yang Menjuarai Lomba Bertutur/Net

Regional, CIAMIS: Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Ciamis gelar Lomba Bertutur tingkat SD/Sederajat pada Mei 2022.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk memperingati Hari Jadi Kabupaten Ciamis ke-380 dan sebagai peringatan Hari Story Telling sedunia yang jatuh pada 30 Maret 2022 lalu.

Bacaan Lainnya

Peserta dalam perlombaan itu berasal dari perwakilan SD tiap kecamatan di Kabupaten Ciamis. Namun, dari 27 kecamatan, hanya ada 26 yang turut serta.

Ada satu kecamatan tidak mendelegasikan pesertanya yaitu Kecamatan Sukadana. Padahal pihak Dinas Perpustakaan Ciamis telah menyampaikan informasi bahwa akan gelar Lomba Bertutur.

Sementara itu, yang dapat mengikuti perlombaan ini emilihan SD kelas empat ini dibatasi, sekitar umur 10 sampai 12 tahun.

Hal itu ditentukan berdasarkan dari uji kematangan, emosional, pemahaman, pemikiran, penalaran, dan penghafal pelajar. Itu sangat potensial pada usía pelajar kelas empat. 

Dari 26 peserta yang ikut, diambil empat pelajar sebagai juara yaitu Juara 1, 2, 3 dan juara harapan satu. Sekaligus, ada piala bergilir yang dibawa pulang pelajar yang memperoleh juara satu.

Pengambilan juara ini mengacu pada perlombaan yang dilaksanakam di tingkat provinsi.

Adapun peserta yang berhasil membawa pulang thropy di antaranya, Abdul Aziz MA dari SDN 1 Sukasari, Kecamatan Tambaksari sebagai juara pertama.

Kemudian Luluk Sabila Royani dari SDN 1 Cijeungjing, terpilih sebagai juara kedua. Keysha Ghaisani N. F. dari SDN 2 Golat, juara ketiga, dan yang menjadi juara harapan satu adalag Rizky Fahrudin dari SDN 1 Dayeuhluhur.

Juri pada Lomba Bertutur, Lilis Mulyani mengatakan, kriteria penilaian yaitu penguasaan materi, panggung dan teknik penyampaian.

Perpustakaan Ciamis Gelar Lomba Bertutur/Net

Abdul Aziz yang menjadi juara pertama memiliki kelebihan dari teknik penyampaian. Dia juga dinilai memiliki gaya yang natural. Talent yang ia miliki patut untuk dikembangkan.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ciamis Dondon Rudiana mengungkapkan, pihaknya gelar Lomba Bertutur di setiap tahun.

“Perlombaan ini adalah agenda tahunan. Dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ciamis. Untuk memperingati hari story telling sedunia yang jatuh pada tanggal 30 Maret. Juga dalam rangka memperingati Hari Jadi Ciamis,” ujar Dondon.

Namun, lanjut dia, bukan hanya itu. Lomba bertutur ini juga bertujuan untuk menumbuhkan minat membaca pada anak sedini mungkin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.