PKH Shop Jadi Model, Hanya Ada di Ciamis

Pkh shop
Kasubdit Bansos Direktorat Jaminan Sosial Keluarga Kemensos RI, Keukeu Komarawati/SAKATA

Regional, CIAMIS, Sakata.id:- Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat Dodi Suhendar mengapresiasi hadirnya PKH Shop KPM Ciamis, sebagai bentuk upaya merubah masyarakat penerima menjadi pelaku usaha, dan membantuk kemandirian ekonomi bagi masyarakat.

“PKH Shop ini tidak ada di Jawa Barat, tidak ada di kementerian, hanya ada di Ciamis. Ini menjadi model, saya sangat apresiasi,” kata Dodi, dalam saresehan Gebyar Pesona PKH Ciamis di Gedung Pramuka Ciamis, Kamis (20/1/2021).

Bacaan Lainnya

Model PKH Shop seperti yang dikembangkan di Ciamis ini bisa menjadi percontohan untuk dikembangkan di daerah-daerah lain.

Gebyar Pesona PKH Ciamis sendiri kata Dodi merupakan model pentahelix yang melibatkan peran stakeholder.

“Kegiatan ini tidak ada di DPA, entah habis berapa saya tidak tahu, tapi melihat gambar di bawah ini (daftar sponsor-red), ini menandakan konsep pentahelix sudah dijalankan dengan baik oleh SDM PKH Ciamis,” kata Dodi.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat Dodi Suhendar

Di Jabar sendiri kata Dodi konsep pentahelix ini sudah berjalan, dengan melibatkan peran serta akademisi, pebisnis, pemerintah, dan media.

“Dinsos sebagai player penyedia data, dan kita lakukan kegiatan sosial seperti santunan anak yatim yang melibatkan pihak pengusaha seperti Bjb dan lain-lain” kata Dodi.

Kasubdit Bansos Direktorat Jaminan Sosial Keluarga Kemensos RI, Keukeu Komarawati, mengatakan Menteri Sosial Tri Rismaharani sedang gencar-gencarnya melibatkan peran dunia usaha dalam kegiatan sosial.

“Seperti bantuan kursi roda untuk penyandang disabilitas, Bu Menteri juga melibatkan peran pengusaha, ” kata Keukeu.

Kekeu juga mengapresiasi SDM PKH yang selalu menjadi pihak pertama yang ditelepon kementerian dalam menindaklanjuti setiap laporan yang diterima kementrian.

“Gak ada cerita buat Bu Risma tidak menindaklanjuti setiap laporan walaupun dari satu orang. Dan yang pertamakali dihubungi adalah SDM PKH,” kata Kekeu.

Karena itu Keukeu mengingatkan agar SDM PKH di daerah mampu bergerak dengan cepat menindaklanjuti segala permasalahan di daerah, terlebih yang laporannya sudah diterima oleh kementrian.

“Tetapi, kami berharap penyelesaian dari laporan tersebut hari itu juga harus terlakasana. Tidak boleh berhari-berhari. Bisa selesai tanpa kementrian turun itu lebih baik,” kata Keukeu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.