RPH Cigembor Potong Sapi 30 Ekor Sejak H-3 Lebaran

  • Whatsapp
Pemotongan sapi di RPH Cigembor meningkat. foto:denihamdani/sakata.id
Pemotongan sapi di RPH Cigembor meningkat. foto:denihamdani/sakata.id

Regional, Ciamis – Sakata.Id: Jelang lebaran Idul Fitri aktifitas pemotongan sapi di RPH Cigembor Ciamis meningkat. Dalam satu hari sekitar 25-30 ekor sapi dipotong di rumah potong hewan itu, sejak H-3 lebaran

Sapi – sapi yang dipotong di RPH Cigembor tidak hanya berasal dari Kabupaten Ciamis, tetapi juga ada yang datang dari Jawa Tengah dan Tasikmalaya.

Bacaan Lainnya

Kasi Prasarana dan Sarana Dinas Peternakan dan Perikanan Ciamis Aris Andriyana didampingi petugas RPH Cigembor mengatakan, walaupun di masa Pandemi Covid-19 namun volume pemotongan hewan menjelang hari raya tetap tinggi.

“Saya tanya ke petugas pemotongan hari ini di rumah potong hewan Cigembor jelang dua hari lebaran sudah 30 an sapi dipotong di sini, itu bukan dari Ciamis saja, tapi ada yang untuk Pasar Cikurubuk Tasik, bahkan ada yang dari Jawa Tengah,” kata Aris.

Aris juga memastikan tidak ada sapi bunting atau sapi betina yang dipotong di RPH Cigembor. Sejauh ini tidak ada sapi betina dipotong, karena memang aturannya tidak boleh.

BACA JUGA: Tenteng Jerami Pakan Alternatif Sapi di Musim Kering

“Walaupun suka ada saja yang akal-akalan misalnya sapi betinanya dibuat cacat atau diklaim tidak lagi produktif. Tapi alhamdulillah sampai saat ini tidak ada,” kata Aris.

Pihak Dinas Peternakan juga selalu menekankan agar protokol kesehatan di rumah potong hewan tetap diterapkan di masa pandemi COvid-19 untuk menjaga penularan virus. RS-01.*

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *