Sambil Jalan Sehat, Puskesmas Cipaku Ciamis Sosialisasikan Germas

Regional, CIAMIS: Puskesmas Cipaku, Kabupaten Ciamis sosialisasikan Germas atau Gerakan Kesehatan Masyarakat dengan menggelar jalan sehat pada Minggu (5/5/2022).

Acara yang diikuti ratusan kader Posyandu se-wilayah Puskesmas Cipaku itu juga dalam rangka menyambut hari ulang tahun Kabupaten Ciamis ke-380.

Bacaan Lainnya

Kepala Puskesmas Cipaku Dikdik AS mengatakan, kegiatan jalan sehat yang diselenggarakannya ini untuk meningkatkan tali silaturahmi antar kader pos pelayanan terpadu.

Apalagi, selama Pandemi Covid-19 para kader ini tak bertemu. “Sudah lama juga para Kader Posyandu tidak bertemi,” ujar dia.

Kemudian, seiring kasus Covid-19 mulai melandai dalam momentum peringatan hari ulang tahun (HUT) Ciamis ke-380 yang akan jatuh pada 12 Juni 2022.

Selain menggelar jalan sehat, Puskesmas Cipaku ini juga melaksanakan berbagai lomba. “Selain jalan sehat, kami mengadakan perlomba, seperti yel-yel germas,” ucap Didik.

Ia mengatakan, dalam lomba yel-yel Germas tersebut ada tujuh poin yang harus dipahami oleh para kader Posyandu. Supaya bisa menerapkan Germas di tengah masyarakat.

Didik menjelaskan, beberapa Germas yaitu, beraktivitas fisik, mengonsumsi buah dan sayur, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, dan menggunakan jamban.

Dia menegaskan bahwa para kader Posyandu ini harus bisa mengaplikasikannnya di kehidupan sehar-hari. Dan diterapkan di tengah masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis dr Yoyo mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Puskesmas Cipaku, Kabupaten Ciamis tersebut.

Bahkan, kata dia, kegiatan itu dapat menjadi contoh bagi puskesmas lainnya.

“Saya sangat mengapresiasi. Bentuk kegiatan sosialisasi Germas Puskesmas Cipaku. Yaitu, melalui jalan sehat dan fun game. Sehingga tidak monoton. Bagi para pesertanya,” ungkap Yoyo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.