Sekda Ciamis Berikan Pesan Bagi Mabigus Gerakan Pramuka

  • Whatsapp

Regional, CIAMIS: Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ciamis Tatang membuka kegiatan orientasi Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus), Gerakan Pramuka Angkatan 1. 

Kegiatan Mabigus Gerakan Pramuka Ciamis dilaksanakan di Aula Kwartir Cabang (Kwarcab) setempat, Rabu (7/4/2021).

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan itu, Tatang mengingatkan tugas pokok Mabigus. Yakni untuk memberi bimbingan dan bantuan konsultasi kepada Gugus Depan (Gudep). 

Dengan begitu, Mabigus mampu mendukung dan mengupayakan fasilitas anggaran serta sarana-prasarana untuk kegiatan Kepramukaan di Ciamis.

“Mabigus harus bisa memberi bimbingan dan konsultasi untuk Gudep-nya. Itu dalam menyelesaikan masalah kegiatan Kepramukaan, organisatoris, materil, dan finansialnya,” kata dia.

Sekda Ciamis juga menjelaskan bahwa Mabigus dalam Gerakan Pramuka mempunyai tiga fungsi pokok. 

Pertama, kata dia, ada fungsi bimbingan. Mabigus ikut menentukan arah kegiatan Kepramukaan di Gudep. terhadap ketentuan dalam perundang-undangan, dan AD/ART Gerakan Pramuka.

Kemudian yang kedua fungsi partisipasi, Tatang menjelaskan, Mabigus harus selalu berpartisipasi aktif dalam segala kegiatan. 

Menurutnya, pengembangan Gerakan Pramuka secara aktif.

Lalu fungsi bantuan, Mabigus harus mengusahakan fasilitas-fasilitas, moril, finansial, maupun materil yang dibutuhkan Gerakan Pramuka.

“Setiap Mabigus harus paham akan ketiga tugas pokoknya. Itu sebagai upaya memajukan Gerakan Pramuka di Gudep masing-masing,” ujar Tatang,

Ia juga mengimbau kepada setiap Gudep, Satuan Karya, dan Kwartir agar membentuk Majelis Pembimbing. Hal tersebut guna mendukung pelaksanaan tugas pokok Gerakan Pramuka, 

Menurutnya, anggotanya juga harus berunsurkan Pemerintah dan tokoh masyarakat. Mereka yang mampu memberikan bimbingan, bantuan, konsultasi, dan menjalin kerjasama antar pihak.

“Kedudukan majelis pembimbing cukup strategis. Yaitu dalam memberikan kontribusi kepada jajaran Gerakan Pramuka,” katanya.

Sehingga, lanjut dia, perlu diberdayakan secara optimal untuk kemajuan Gerakan Pramuka.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *