Siaga Pilkades Ciamis, Jangan Hanya Fokus Konflik dan Sengketa

Siaga Pilkades Ciamis
Apel Siaga Menjelang Pilkades Serentak di Halaman Pendopo Ciamis/PROKOPIM

Regional, CIAMIS: Wakil Bupati Ciamis Yana menegaskan, siaga Pilkades Serentak jangan hanya berfokus pada konflik dan sengketa. Namun, protokol kesehatan pun diutamakan.

Hal tersebut Yana ungkapkan saat menggelar Apel Pergeseran Pasukan di Halaman Kantor Bupati Ciamis pada Jumat (25/3/2022).

Bacaan Lainnya

Menurutnya,seluruh unsur penyelenggara Pilkades Serentak Ciamis harus siap siaga. Supaya pelaksanaan salah satu pesta demokrasi itu berjalan kondusif dan tak ada penyebaran Covid-19.

“Seluruh unsur penyelenggara harus siap siaga. Agar Pilkades berjalan kondusif. Dan tidak ada penyebaran Covid-19,” kata dia.

Yana D Putra juga berpesan kepada panitia Pilkades agar mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan. Mengingat, saat masa pandemi Covid-19 belum usai, meski keadaan sudah membaik.

“Kita, jangan hanya berfokus. Pada pencegahan hal-hal yang mengarah pada konflik. Dan sengketa Pilkades semata,” tegas Politisi PAN itu.

“Tetapi kita juga harus mengedepankan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Dan disiplin. Sehingga segala potensi penyebaran pandemi covid-19 bisa diminimalisir,” tegas Yana.

Dia sangat mengharapkan tidak ada klaster Covid-19 seusai penyelenggaraan Pilkades serentak di Tatar Galuh ini.

“Diharapkan Pilkades berjalan sesuai harapan. Lancar, aman, dan tertib. Agar tidak ada klaseter Covid-19,” pungkas dia.

Pilkades atau Pemilihan Kepala Desa di Kabupaten Ciamis akan dilaksanakan pada 27 Maret 2022.

Pilkades Ciamis ini, secara serentak diselenggarakan di 76 desa dari 25 kecamatan.

Pemerintah Kabupaten Ciamis bersama unsur Kepolisian, TNI, Satuan Poliso Pamong Lraja (Satpol PP), dan Linmas telah menggelar Apel Siaga Pilkades Serentak tersebut.

Sementara itu, Kapolres Ciamis AKBP Tony Prasetyo Yudhankoro SH., S.IK., M.T., memastikan kegiatan Pilkades Ciamis itu dapat berjalan dengan aman, lancar, dan kondusi.

Pihaknya mengakui, telah melakukan berbagai upaya gunantuk memastikan wilayah yang sedang melaksanakan Pilkdes ini tetap aman dan kodusif.

Menurut dia, Polres Ciamis terus melakukan patroli rutin (KRYD) oleh para petugas yang diprioritaskan. Kemudian memberikan edukasi pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Selain itu, pihaknya juga sudah meminta para Kapolsek di wilayah yang sedang melaksanakan Pilkades itu untuk fokus melakukan monitoring kepada panitia pelaksana.

Mereka juga diminta Tony untuk menyambangi para calon kepala desa, termasuk para Bhabinkamtibmas yang ada di wilayah tesebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.