Tumbuhkan Herd Immunity, Pemkot Banjar Vaksinasi Pelajar

  • Whatsapp

Regional, KOTA BANJAR: Pemerintah Kota Banjar mengadakan launching vaksinasi bagi anak usia 12-17 tahun atau pelajar. 

Sebanyak 54 siswa mulai dari tingkat SD hingga SMA mengikuti launching vaksinasi yang diselenggarakan di lapangan tenis komplek Pendopo Kota Banjar, Rabu (28/7/2021). 

Bacaan Lainnya

Wali Kota Banjar Ade Uu Sukaesih dalam sambutannya mengatakan, kebijakan vaksinasi bagi anak usia sekolah sangat penting. 

Hal tersebut, jelasnya, dikarenakan di usia pelajar, orang rentan terpapar Covid-19. 

“Dari seluruh warga yang terpapar positif, 400 diantaranya anak usia sekolah. Saat ini justru hampir 70 persennya kaum milenial,” kata Ade.

“Semoga para orang tua turut mendukung kegiatan (vaksinasi) ini. Karena bertujuan melindungi anak-anak mereka,” ucap wali kota. 

Lebih lanjut Ade menyampaikan, saat ini terdapat 6 ribu siswa berusia 12-17 tahun dari tingkat SD hingga SMA yang ada di Kota Banjar. 

Pemerintah Kota Banjar menargetkan di bulan Desember mendatang, vaksinasi di Kota Banjar dapat mencapai 70 persen. 

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Banjar dr. Andi Bastian mengatakan tahapan prosedur vaksinasi bagi siswa sekolah, masih sama dengan yang dilakukan kepada orang dewasa dan lansia. 

“Vaksinasi bagi pelajar tetap ada tiga tahap yaitu pemeriksaan, pemberian vaksin, dan observasi. Siswa nantinya juga akan diberi dua (dosis) kali suntikan,” ucap dr. Andi. 

Ia menambahkan sasaran vaksinasi usia 12-17 tahun di Kota Banjar mencapai 19 ribu anak. 

Menurutnya, vaksinasi dilakukan sebagai upaya menumbuhkan herd immunity bagi para siswa. Mereka melakukan vaksinasi harus seizin orang tua/ wali murid. 

“Vaksinasi bagi siswa tentu harus dengan izin dari orang tua murid. Kami sudah menginformasikan kepada pihak sekolah melalui dinas pendidikan. Sejauh ini belum ada kendala atau penolakan dari para orang tua murid,” imbuhnya. 

Secara teknis pemberian vaksinasi bagi para pelajar nantinya dapat dilakukan di sekolah masing-masing, gerai vaksin, maupun di beberapa puskesmas. 

Dinas kesehatan sudah bekerjasama dengan dinas pendidikan dan kementerian Agama sebagai langkah percepatan program vaksinasi.

Turut hadir di acara tersebut Wakil Wali Kota Banjar Nana Suryana, Kapolres Banjar AKBP Ardiyaningsih, Kajari Banjar Ade Hermawan, Ketua DPRD Dadang R Kalyubi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *