Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November Tasikmalaya

Regional, TASIKMALAYA: Upacara peringatan hari pahlawan 10 November di Tasikmalaya diselenggarakan di berbagai tempat termasuk di Taman Makam Pahlawan. Acara ini diagendakan mulai dari pukul 9 pagi Waktu Indonesia Barat.

Karena turun hujan dan juga menunggu beberapa kedatangan para peserta lainnya, upacara sedikit terlambat. Acara itu akhirnya dimulai pukul 9 lebih 18 menit dan selesai pada pukul 9 lebih 33 menit.

Bacaan Lainnya

Acara peringatan 10 November ini juga dihadiri oleh beberapa pihak terutama dari TNI, Polri, Polisi Militer (PM), hingga para pensiunan. PLT Walikota Tasikmalaya M Yusuf pun menjadi Inspektur Upacara pada acara tersebut.

Susunan Acara Peringatan Hari Pahlawan

Ada beberapa agenda yang dilaksanakan untuk memperingati hari pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November ini. Acara yang dilaksanakan juga menggunakan protokol kesehatan yang secara tertib.

Para peserta upacara seluruhnya tanpa terkecuali menggunakan masker dan juga bersalaman dengan menggunakan kepalan tangan dan siku. Tak lupa seluruh jajaran TNI POLRI yang hadir juga menggunakan sarung tangan.

Adapun susunan acara yang dilaksanakan adalah

  1. Pembukaan.
  2. Penghormatan kepada para arwah pahlawan.
  3. pembacaan Doa.
  4. Mengheningkan cipta.
  5. Peletakan karangan bunga oleh komandan upacara.
  6. Penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan.
  7. Acara tabur bunga yang dilakukan oleh komandan upacara beserta para tamu yang hadir.
  8. Penutupan.

Acara yang dilakukan ini sangat khidmat untuk mengenang para pahlawan yang telah berjuang membela tanah air. Banyak sekali para peserta upacara yang sampai meneteskan air matanya pada saat upacara ini berlangsung.

Pada acara peringatan 10 November di taman makam pahlawan Tasikmalaya ini juga memberi dampak bagi pedagang disana. Dengan adanya acara ini pedagang disana sangat senang karena banyak yang membeli produk mereka.

Mpah (54) mengatakan, “Dengan adanya peringatan 10 November ini alhamdulillah jualan nya banyak yang beli. Karena para peserta sudah ada yang datang dari pukul 7, dan sambil menunggu mereka membeli dagangan saya,” tambahnya.

Ibu Uun (45) seorang pedagang gorengan di sana juga memberi pernyataan senada. “Alhamdulillah dagangan saya banyak yang beli di acara peringatan 10 November ini,” ungkapnya.

Upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November yang dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan Tasikmalaya ini sangat khidmat. Seluruh peserta upacara juga benar-benar menggunakan protokol kesehatan yang diberlakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.