Upaya Menarik Investor, Pemkot Banjar Gelar Diskusi Tripartit

  • Whatsapp

Regional, BANJAR: Guna menumbuhkan iklim investasi dan mendorong pembangunan, Pemerintah Kota (Pemkot) Banjar akan berupaya menarik investor.

Pemkot Banjar menggelar diskusi Tripartit (pemerintah, pengusaha, dan buruh). Acara digelar dalam rangka Hari Buruh Internasional atau May Day, Sabtu (1/5/2021).

Bacaan Lainnya

Acara yang bertujuan mendiskusikan investasi itu bertempat di Aula Dinas Ketenagakerjaan.

Dalam arahannya, Wakil Wali Kota Banjar Nana Suryana menegaskan, sinergitas Tripartit sangat dibutuhkan untuk menciptakan iklim investasi yang kondusif di Kota Banjar. 

Lebih lanjut Nana mengungkapkan, Pemkot Banjar berupaya terus untuk meningkatkan iklim investasi di Kota Banjar. Hal tersebut untuk menekan angka pengangguran. 

Menurutnya, dari sisi keamanan dan sumber daya manusia (SDM) sudah bagus. Namun sulitnya mengurus perizinanlah yang kadang membuat investor mundur.

“Ini menjadi PR (pekerjaan rumah) bagi Pemkot Banjar. Kami sadari hal itu. Akan kami benahi dan kami akan kawal para investor agar izinnya dipermudah,” imbuhnya.

Nana juga mengatakan bahwa pemerintah punya kewajiban untuk meningkatkan harkat dan martabat kaum buruh.

Namun tentunya buruh juga tidak membebani pengusaha. 

Dirinya menghimbau agar para pihak tetap menjaga kondusifitas Kota Banjar, karena salah satu penilaian investor untuk melakukan investasi adalah jaminan keamanan dari suatu daerah.

Nana  berharap dalam momentum May Day kali ini dapat memberikan suatu solusi yang baik bagi semua pihak.

Hakikatnya, kata dia, hubungan buruh dengan pengusaha merupakan sebuah hubungan simbiosis mutualisme.

“Melalui diskusi kali ini. Permasalahan yang terjadi diantara buruh dan pengusaha di Kota Banjar dapat terpecahkan,” ujarnya.

Dalam diskusi antara Pemkot Banjar, pengusaha, dan serikat buruh kali ini membahas berbagai permasalahan terkait ketenagakerjaan. 

Mulai dari penolakan Undang-Undang Cipta Kerja, kesejahteraan buruh, dan rumitnya perizinan untuk melakukan investasi. 

Peringatan May Day yang diselenggarakan saat ini sangat kondusif. Karena diisi dengan acara diskusi. 

Acara diskusi sesuai dengan tema May Day pada tahun 2021 ini, yaitu “May Day To Build Together”. Diskusi ditutup dengan acara buka puasa bersama.

RS-03

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *