Wujudkan Ciamis Kabupaten Adipura, Kepala DPRKPLH: Semua Sektor Bekerja Sama

Wujudkan Ciamis Kabupaten Adipura
Semua Sektor Bekerja Sama Wujudkan Ciamis Kabupaten Adipura/SAKATA.ID

Regional, CIAMIS: Guna mendapat penghargaan Adipura, seluruh sektor di Kabupaten Ciamis bekerja sama dengan baik.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Taufik Gumelar.

Bacaan Lainnya

“Seluruh sektor yang berkaitan dengan penilaian Adipura ini akan bekerja sama dengan baik,” kata dia pada Rabu (25/5/2022).

Pemerintah Kabupaten Ciamis telah menggelar rapat koordinasi di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Ciamis, Rabu (25/5/2022) lalu.

Rapat tersebut digelar saat menjelang penilaian Adipura. Pemerintah Kabupaten Ciamis menggelar rapat koordinasi.

Organisasi perangkat daerah dan seluruh sektor yang berkaitan dengan itu itu hadir di rapat koordinasi yang dipimpin DPRKPLH Ciamis ini.

Taufik berharap, semua sektor di Ciamis dapat bekerja sama dengan baik untuk menyambut penilaian Adipura.

Ia mengungkapkan saat ini, Pemerintah Kabupaten Ciamis sedang membereskan administrasi yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup.

“Utamanya membereskan administraei. Karena menjadi parameter penialain juga. Itu, kami persiapkan sejak awal,” ujar dia.

Dia menjelaskan, Adipura merupakan penghargaan bagi kabupaten/kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan dan pengelolaan lingkungan.

Menurutnya bahwa, meskipun tak ada penilaian Adipura, sedari awal masyarakat Kabupaten Ciamis selalu membiasakan kehidupan yang bersih.

“Bukan berarti kami tidak mengejar penghargaan Adipura ini, tetapi kehidupan bersih, sehat ini. Sudah menjadi kebiasaan kita. Kebiasaan masyarakat Ciamis,” katanya.

“Menjaga kebersihan dan kesehatan dimulai dari diri kita. Kita Lillahhitaala, untuk bersama-sama merawat lingkungan yang baik dan sehat,” tegas dia.

Masyarakat dan lingkungan yang bersih pada akhirnya terbukti dengan raihan Adipura sebanyak delapan kali oleh Kabupaten Ciamis.

“Mudah-mudahan di tahun ini pun kita bisa mendapat kembali penghargaan itu. Menjadi kabupaten Adipura,” ungkap dia.

Ia mengungkapkan, persoalan reward tentunya itu akan mengikuti ketika masyarakat sudah terbiasa dengan kehidupan yang bersih.

“Yang jelas. Di Kabupaten Ciamis ini, kita sudah memiliki kebiasaan yang bagus. Kita mampu berupaya merawat lingkungan yang baik,” ujar dia.

Taufik menegaskan, seluruh organisasi perngkat daerah dapat membantu dan saling bekerja sama untuk mewujudkan persiapan Ciamis mendapatkan penghargaan Adipura di tahun 2022 ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.