Jumlah Samudra Bukan 4, Kita Belum Kenal Samudra Selatan

  • Whatsapp

Sains, SAKATA.ID: Ada yang sudah tahu tentang Samudra Selatan? Selama ini kita hanya mengenal ada empat samudra di dunia ini. 

Padahal para ilmuan sudah menetapkannya sejak lama bahwa samudra itu ada lalima. Hanya saja belum ada kesepakatan Internasional untuk mengakuinya.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut diungkapkan Ahli Geografi Natinal Geographic, Alex Tait sebagaimana dikutip narasi.tv pada Rabu (30/6/2021).

Menurutnya bahwa para ilmuan telah mengakui Samudra Selatan. Tetapi tidak pernah ada kesepakatan internaasional. Sehingga kita semua tidak pernah secara resmi mengakuinya.

Samudra Selatan ini berbeda dengan samudra lainnya yang dipisahkan oleh benua. Samudra ini memiliki keistimewaan tersendiri.

Samudra tersebut dipisahkan oleh sebuah arus yang bernama Arus Sirkompolar Antartika (ACC).

Arus ini mengalir searah dengan jarum jam. Apabila dilihat dari Kutub Selatan. Yakni dari arah barat ke arah timur, berada di sekitar Antartika.

Para ilmuan telah memperkirakan bahwa arus tersebut sudah terbentuk sejak 34 juta tahun yang lalu. Bersamaan dengan terpisahnya Antartika dengan daratan Amerika Selatan.

Selain itu, para ilmuan geografi juga menyebut, arus yang mengalir dari barat ke arah timur itu memiliki suhu lebih dingin dan kurang asin apabila dibandingkan dengan lautan yang ada di sekitarnya.

Samudra Selatan ini memiliki luas 20,33 juta kilometer persegi. Diyakini, sudah menjadi tempat atau rumah bagi penguin kaisar atau Aptenodytes Forsteri.

Kemudian ada pula Anjing Laut atau Leptonychotes weddelli dan rumah bagi ribuan organisme lainnya.

Para ilmuan melakukan pengumuman samudra baru ini sejalan dengan upaya untuk melestarikan lautan dunia. Serta guna mengingatkan publik supaya memperhatikan wilayah yang perlu dikonservasi.

Empat Samudra yang selama ini kita kenal adalah Samudra Pasifik, Samudra Atlantik, Samudra Hindia, dan Samudra Arktik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *