N’Golo Kante, Dari Pemulung Hingga Nominasi Ballon D’or

  • Whatsapp

Sosok, SAKATA.ID: Chelsea berhasil meraih Liga Champions musim 2021 karena ada peran besar N’Golo Kante. Kehadiran eks pemain Leicester City ini mampu membuat lini tengah Chelsea sangat aman.

Bahkan ketika menghadapi Real Madrid, trio lini tengah Los Blancos mati kutu oleh Kante. Padahal lini tengah Madrid diisi Modric, Kroos dan Casemiro.

Bacaan Lainnya

Ketika Kante bermain, dirinya seolah menggunakan jurus seribu bayangan milik Naruto. Karena ia selalu ada dimana-mana dan menghalau setiap serangan yang datang.

Rekan senegaranya, Paul Pogba juga pernah menyatakan akan sangat tenang membantu penyerangan jika ada Kante. Pemain Manchester United itu yakin sekali Kante siap menutup serangan lawan dari manapun.

Kante Pernah Jadi Pemulung

Kisah hidup N’golo Kante ini sangat inspiratif. Ia memulai karirnya bukan dari nol, tapi minus. Karena kisah kecilnya tak ada yang indah sedikit pun.

Ia merupakan anak pertama dari 4 orang bersaudara dan ayahnya telah meninggal kala dirinya masih kecil.  Ia tinggal di daerah Rueil Malmaison, daerah pinggiran dekat kota Paris.

Untuk menghidupi keluarganya, ibunya bekerja sebagai tukan bersih-bersih dan Kante menjadi pemulung. Ia berjalan puluhan kilometer mengumpulkan sampah untuk bisa menghasilkan uang.

Sadar akan pekerjaannya tak mungkin mengubah hidupnya, Kante mencoba peruntungan menjadi pemain sepak bola. Di tengah hegemoni Prancis juara Piala Dunia 1998, Kante memulai karirnya bersama dengan JS Suresnes.

Asisten pelatih JS Suresnes, Pierre Ville mengatakan, Kante ini tak disangka bermain sangat bagus. Ia sering melakukan tackle dan membawa bola dari ujung lapangan ke ujung lapangan.

Meski tubuhnya yang sangat kecil, namun tak sembarangan orang bisa melewatinya. Hingga akhirnya pada 2010 ia bermain untuk tim League 2, Boulogne.

Prestasi Luar Biasa Sepanjang Karir

Prestasi pertama adalah ketika ia memulai debutnya di Ligue 2 bersama Boulogne. Selama 2 tahun Kante bersama tim junior.

Kemudian ia dipromosikan masuk ke tim senior tahun 2012 dan membawa tim tersebut promosi ke League 1. Bakat besarnya dilirik oleh Caen FC yang masih berjibaku di Ligue 2.

Ia pun membawa Caen Promosi ke Ligue 1 Prancis.  Musim 2014 dirinya bermain di Ligue 1 dan membawa timnya bertengger di posisi 13.

Tahun 2015 menjadi awal puncak karirnya di sepak bola kala membela Leicester City. Secara mengejutkan, Kante, Vardy dan Mahrez mampu menjuarai Liga Inggris.

Ia pun langsung direkrut oleh The Blues dengan mahar 32 juta Poundsterling. Ia mendapatkan bayaran 7,5 juta Poundsterling per tahunnya dari bos Abramovich.

Tahun 2016 ia pun dipanggil Timnas Prancis untuk gelaran Piala Eropa. Kante berhasil membawa Les Bleus menjadi Runner Up.

Tahun 2017, Kante kembali mengangkat trofi Liga Inggris bersama Chelsea. Ini kali kedua dirinya mengangkat trofi EPL.

Tahun 2018, bersama dengan timnas Prancis berhasil menjuarai Piala Dunia yang dihelat di Rusia. Kante dkk berhasil mengalahkan kroasia di partai puncak.

Tahun 2019, Kante bersama dengan Chelsea berhasil menjuarai Liga malam jumat alias Europa League. Chelsea berhasil mengalahkan Arsenal di partai puncak dengan skor 4-1.

Tahun 2021, Kante kembali mengangkat trofi untuk kesekian kalinya. Bersama Chelsea ia mengangkat trofi Liga Champions dengan mengalahkan Manchester City dengan skor 1-0.

Berkat prestasinya ini, Kante sangatlah layak bisa mendapatkan Ballon D’or. Apalagi Messi dan Ronaldo musim ini tak mendapat gelar Liga dan Champions.

Juventus berada di posisi 4 klasemen Liga Italia dan terhenti di babak 16 besar Liga Champions.  Sementara Barcelona ada di posisi 3 Liga Spanyol dan terhenti di babak 16 besar Liga Champions.

Kante Sosok Sederhana Dan Muslim Sejati

Ditengah banyaknya prestasi dan uang yang ia miliki tak membuat Kante jatuh kepada kemewahan. Gajinya per minggu itu RP 5,39 miliar, bukan nilai yang kecil itu.

Lihat saja mobilnya yang bukan Ferrari atau punya 10 kaya artis Indonesia. Mobilnya itu jenis Mini Cooper S yang memiliki harga RP 300 jutaan.

Apakah dia miskin? tidak mungkin ada yang percaya, karena gajinya saja miliaran per minggunya. Namun, Kante memilih hidup sederhana dan tidak ingin hidup mewah.

Kante juga merupakan seorang muslim yang sangat jujur dan taat pada ajarannya. Dikutip dari Liputan6, Balise Matuidi pernah mengajak Kante untuk memalsukan gajinya.

Hal ini agar pajak penghasilannya tidak terlalu besar. Namun Kante menolak ajakan tersebut. Matuidi pun mengatakan, Kante adalah sosok yang tak pernah curang kecuali saat bermain kartu uno.

Kante juga tak pernah jemawa dengan apa yang telah ia miliki. Ia selalu menyebut nama Allah SWT atas apa yang telah ia dapatkan hingga saat ini.

Sosok N’Golo Kante yang memulai karir dari minus ini menjadi suatu pelajaran penting bagi kita semua. Kante selalu berjuang keras dan selalu memberikan yang terbaik serta jujur.

RS-03

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *