Thomas Tuchel Bawa Chelsea Makin Disegani

  • Whatsapp

Sosok, SAKATA.ID: Baru saja berakhir, Thomas Tuchel membawa Chelsea juarai UCL atau Liga Champions setelah mengalahkan Manchester City di Laga Final.

Karena kesuksesannya itu, sosok Tuchel menjadi perhatian.

Bacaan Lainnya

Entah apa yang ia lakukan terhadap tim Chelsea hingga The Blues berubah drastis jadi tim yang paling disegani.

Sebelum Tuchel datang, Legenda hidup Chelsea lah yang menjadi pelatih yaitu Frank Lampard.

Lampard mendatangkan banyak sekali pemain bintang pada bursa transfer. Mulai dari Werner, Kai Havertz, Hakim Ziyech dan masih banyak lainnya.

Namun, performa Chelsea biasa-biasa saja bahkan cenderung “lawak”. Namun, Tuchel datang dari PSG ke Stamford Bridge.

Hanya dalam waktu singkat, dirinya bisa membawa Werner dkk menjadi tim yang diunggulkan kembali.

Profil Thomas Tuchel

Thomas Tuchel lahir tanggal 27 Agustus 1973 dan saat ini berusia 47 tahun. Sebelum jadi pelatih, ia merupakan pemain di klub Stuttgart. 

Namun ketika jadi pemain, namanya kurang begitu tenar dan juga dikenal oleh orang banyak. Awal ia dikenal sebagai seorang pelatih adalah ketika melatih Borussia Dortmund pada tahun 2015.

Ia menggantikan sosok Jurgen Klopp yang pernah menghancurkan dominasi Bayern di Liga Jerman. Tuchel terbilang cukup sukses di Borussia Dortmund. 

Meski tidak menjadi juara, ia berhasil mengorbitkan nama-nama pemain bintang. Mulai dari Aubameyang, Pulisic dan juga Gundogan.

Musim 2016, PSG pun meminati Tuchel untuk menggantikan Unai Emery. PSG memiliki target untuk bisa menjuarai Liga Champions.

Pada tahun 2020, Tuchel nyaris membawa PSG menjadi juara. Andai Bayern Munich bisa dikalahkan oleh Neymar dkk.

Musim 2021, akhirnya Tuchel pindah ke Chelsea dengan harapan meningkatkan performa Chelsea musim 2021. Tuchel membawa perubahan besar terhadap skuad The Blues.

Prestasi Tuchel dalam 5 Bulan Melatih Chelsea

Thomas Tuchel masuk ke Chelsea setelah Frank Lampard gagal total di musim 2021 ini. Ia datang ke Stamford Bridge bulan Januari 2021 lalu.

Dalam waktu singkat dirinya berhasil menorehkan prestasi besar dengan tim milik Roman Abramovich tersebut. Setidaknya ada 4 prestasi yang ia buat bersama dengan Chelsea.

Pertama, ia berhasil mengangkat performa Chelsea yang turun drastis di musim 2021 ini. Dengan tangan dinginnya, Chelsea bertengger di posisi 4 klasemen akhir Liga Inggris.

Kedua , Tuchel berhasil membawa Chelsea ke final FA Cup. Namun, The Blues harus kalah dengan Leicester City.

Ketiga, mampu memunculkan performa terbaik dari Kai Havertz. Pemain Jerman ini bisa mencetak gol pertamanya di laga final Liga Champions ke gawang Manchester City.

Keempat, pastinya telah mendapatkan gelar juara di musim 2021. Chelsea terakhir kali mendapatkan gelar bergengsi ini tahun 2012.

PR Besar Tuchel Untuk Chelsea

Disamping beberapa prestasi yang telah ia torehkan untuk tim asal London ini. Musim depan ia juga memiliki PR untuk memperkuat skuadnya.

Ada beberapa catatan penting bagi Tuchel untuk tim yang baru saja menjadi juara Liga Champions tersebut. Jika menggunakan pemain yang sama juga bisa menjadi boomerang bagi Chelsea.

PR pertama bagi Tuchel adalah membangkitkan kembali naluri gol dari Timo Werner. Pemain yang dibeli mahal dari RB Leipzig ini performanya turun drastis.

Werner yang tadinya adalah singa buas di dalam kotak penalti lawan kini hanya seperti seekor kucing kampung saja. Jika Werner bisa menemukan performa terbaiknya, bukan tak mungkin gelar lainnya bisa didapatkan Chelsea.

PR kedua adalah mental para pemain yang kerap kali membuat blunder. Bahkan pemain sekelas Jorginho saja melakukan blunder fatal yang membuat Arsenal bisa memetik poin penuh.

PR terakhir adalah segera cari kiper top. Pasca Petr Cech dan Courtois hengkang, Chelsea tak memiliki lagi kiper hebat.

Kepa? tahu lah dia bagaimana. Kiper dengan status termahal ini sangat banyak membuat blunder. Berunglah Tuchel punya Mendy yang memiliki kualitas yang lebih baik dari Kepa.

Terakhir selamat untuk Thomas Tuchel  yang telah bawa Chelsea juara UCL musim 2021 ini.

RS-03 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *