Olahraga, SAKATA.ID: Teknik bersepeda di tanjakan harus Anda ketahui terutama bagi Anda yang sedang menggemari olahraga Gowes ini. Hal ini karena rute dan trek ketika bersepeda akan beragam tak selalu lurus mendatar.
Trek tanjakan menjadi salah satu hambatan yang cukup besar bagi para pengendara sepeda namun juga sebagai tantangan. Saat ini banyak sekali pesepeda yang malah menghindari jalur tanjakan, namun ada juga yang mencoba menaklukkan tanjakan.
Jika Anda termasuk pesepeda yang ingin menaklukkan hambatan tanjakan, berikut ini ada adalh tips dan teknik bersepeda di tanjakan yang bisa Anda coba.
Turunkan Gigi
Tips pertama adalah pindahkan rantai ke gigi ringan sebelum menaiki tanjakan. Hal ini membuat putaran pedal menjadi lebih cepat. Namun,jika terlanjur sudah naik ke tanjakan turunkan satu demi satu gigi bagian belakang.
Tetap turunkan gigi dengan tidak mengurangi tenaga Anda pada saat mengayuh pada pedal. Jika tak bisa dilakukan, sepeda akan semakin berat saat dikayuh dan kecepatan pun akan menurun. Mau tidak mau Anda harus berhenti dan menuntun sepedanya di tengah tanjakan..
Jangan Pindahkan Gigi Sekaligus
Tips kedua dari teknik bersepeda di tanjakan adalah menghindari untuk memindahkan gigi dengan lompatan yang terlampau cepat. Jika dilakukan maka akan membahayakan keselamatan diri Anda.
Dengan melakukan perpindahan gigi yang cepat memiliki resiko rantai bisa terselip atau bahkan hingga putus.Jelas hal ini juga sangat berbahaya bagi keselamatan Anda.
Perhatikan Kondisi Sepeda
Teknik bersepeda ketika di tanjakan adalah di tahap persiapan yaitu kondisi dari sepeda yang akan Anda gunakan. Hal ini karena keadaan sepeda sangat berperan penting untuk menghadapi trek tanjakan.
Jadi, jika akan bersepeda periksa terlebih dahulu semua kondisinya baik itu gigi, rem, dan juga ban. Apalagi jika akan bersepeda cukup jauh dan melewati tanjakan, harus benar-benar diperhatikan seluruhnya.
Tetap Tenang
Tips selanjutnya adalah tetap tenang ketika melihat dan melewati tanjakan yang cukup terjal. Panik, Kerap terjadi pada pesepeda yang baru mulai mengikuti trend gowes di masa pandemi ini. Ada juga pesepeda yang ketika bertemu dengan dengan tanjakan, sebagian terlalu bersemangat.
Hindari keuda hal ini karena jika terlalu semangat membuat tenaga habis saat berada di pertengahan tanjakan. Sementara jika panik justru jadi malas dan malah tidak mau menghadapi tanjakan. Pastikan tenang pada saat menemukan tanjakkan.
Atur Pernafasan dengan Baik
dalam bersepeda wajib untuk bisa mengatur pernafasan dengan tepat dan teratur. Jika bersepeda tariklah nafas melalui hidung lalu keluarkan dari mulut. Pernafasan yang teratur menjadi salah satu penanda bahwa energi telah dikelola dengan baik. Hal ini juga akan membuat Anda bisa melewati tanjakan dengan aman dan cepat.
Rendahkan Kepala
Ketika bersepeda dan melewati tanjakan lebih baik merendahkan kepala ke arah sepeda dan kencangkan perut. Tujuannya adalah untuk mengurangi hambatan angin sehingga membuat sepeda bergerak lebih cepat.
Ada beberapa orang yang menghadapi medan tanjakan dengan posisi berdiri atau tegak. Posisi ini memang membuat otot kaki bisa bekerja secara maksimal, Namun harus memiliki energi yang besar.
Hal ini dikarenakan berat badan tubuh ditopang oleh kaki, sedangkan pilihan yang lebih aman adalah dengan posisi duduk. Posisi ini menempatkan tubuh lebih santai dan lebih hemat energi.
Teknik Mengayuh
Teknik mengayuh sepeda juga menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam menaklukkan tanjakan. Usahakan untuk mengayuh dengan menggunakan metode kumparan. Metode ini mengharuskan pesepeda untuk mengatur agar setiap kayuhan sepeda memiliki energi yang sama rata. Hindari menghentakkan kayuhan sebab hal ini akan menguras energi dari awal.
Jaga Stamina
Olahraga apapun itu pasti membutuhkan stamina yang cukup apalagi bersepeda dan melewati tanjakkan. Tipsnya adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat, melakukan peregangan setiap hari dan perhatikan asupan air agar stamina tubuh tetap prima.
Ikutilah teknik bersepeda di tanjakan tersebut agar tidak mudah lelah dan juga semakin semangat dalam bersepeda.