4 Tips Naik Kereta Api bagi Pemula, Liburan Pasti Seru

Travel:- Transportasi kereta api memiliki peminat tersendiri karena bisa menjangkau tempat wisata lebih cepat ketimbang naik bus, misalnya saat liburan ke Jogja. Oleh karena itu sayang sekali jika fasilitas transportasi umum satu ini tidak dimanfaatkan, terutama jika Anda memutuskan pergi liburan saat low season. Berikut ini adalah tips naik kereta api bagi pemula agar perjalanan tetap nyaman dan berkesan. 

Pesan Tiket Kereta Api Secara Online

Biasanya tiket kereta api bisa dipesan melalui loket, namun orang harus rela antri. Bahkan terkadang tiket sudah keburu habis terjual padahal sudah berlama-lama antri, sehingga kita terpaksa mengubah jadwal keberangkatan. Tips naik kereta api bagi pemula, pesan tiket secara online.

Bacaan Lainnya

Anda bisa memesan tiket kereta api secara online melalui agen travel, atau aplikasi pemandu perjalanan seperti Traveloka dan Trivago. Anda bisa memilih rute yang diinginkan, jenis kelas, dan tempat duduk hanya dari smartphone. Keuntungan bisa Anda dapat dari pesan tiket secara online, Anda bisa menemukan harga terbaik termasuk saat memilih hotel murah. 

Setelah pembelian tiket selesai, Anda akan menerima kode booking  e-tiket melalui email. Cetak kode booking e-tiket saat hendak melakukan check in di stasiun agar bisa mendapatkan boarding pass. Meski Anda bisa menggunakan e-tiket dalam bentuk digital, tapi mencetaknya sendiri tetap dianjurkan untuk berjaga-jaga smartphone kehabisan batre saat tiba di stasiun. 

Mencetak Boarding Pass Saat Check In

Sama seperti naik pesawat, penumpang kereta api sekarang harus melakukan check in sebelum berangkat. Penumpang kereta api bisa memasukkan kode booking e-tiket di mesin check in secara mandiri, kemudian mesin akan otomatis mencetak boarding pass. 

Penting untuk diketahui, boarding pass berbeda dengan tiket. Boarding pass berguna sebagai tanda pengenal penumpang saat memasuki gerbong, meliputi nama penumpang, kelas, dan tempat duduk. Sedangkan tiket hanya berisi rute perjalanan, informasi kereta, dan informasi pembayaran. 

Boarding pass ini nantinya harus ditunjukkan ke peron sebelum memasuki gerbong. Apabila stasiun yang dituju belum memberlakukan sistem check in, maka penumpang bisa langsung menggunakan mesin cetak tiket mandiri (CTM). Agak ribet ya, tapi lama-lama pasti akan terbiasa karena prosedur tersebut diperlukan demi keselamatan penumpang. 

Naik Gerbong Kereta Api dan Cari Tempat Duduk

Jika ini pertama kali Anda naik kereta api, minta bantuan ke peron untuk mencari tempat duduk. Setelah menemukan tempat duduk, taruh barang bawaan di tempat penyimpanan agar bisa duduk dengan nyaman selama perjalanan. Simpan baik-baik boarding pass, karena petugas akan berkeliling untuk memeriksa tanda pengenal penumpang. 

Setelah semua persyaratan dipenuhi, Anda tinggal duduk di kereta untuk menikmati perjalanan ke tempat tujuan. Bagi Anda yang ingin liburan ke Pangandaran, menggunakan kereta api juga bisa menjadi pilihan transportasi. Pemberhentian terakhirnya di stasiun Banjar, darisana Anda perlu menaiki bus mini atau menyewa mobil untuk mencapai Pantai Pangandaran. 

Umumnya semua kereta api yang disediakan oleh PT KAI sudah dilengkapi pendingin udara, maka Anda dilarang merokok selama perjalanan. Untuk penumpang yang ketahuan merokok, biasanya akan ditegur oleh petugas atau diturunkan di stasiun terdekat meski belum mencapai tujuan. Maka dari itu patuhi peraturan yang berlaku di kereta api untuk kenyamanan penumpang lain. 

Bawa Barang Seperlunya

Tips naik kereta api bagi pemula yang terakhir, bawalah barang-barang seperlunya saja. Jika berencana pergi liburan, cukup membawa satu baju pendek, satu baju panjang, satu celana pendek, dan satu celana panjang. Beberapa jenis hotel juga terkadang menyediakan express laundry bagi tamu-tamu yang menginap. 

Jangan lupa membawa bekal makanan, obat-obatan pribadi mencakup obat anti mabuk. Di masa pandemi, penumpang kereta api juga diharuskan memakai masker dan menjaga jarak dengan penumpang lain. Apabila memungkinkan, Anda juga bisa membawa hand sanitizer dan tisu anti bakteri untuk menghindari penularan corona. 

Naik kereta api ternyata tidak serumit yang dibayangkan, asalkan Anda mengikuti langkah-langkah mencetak boarding pass, duduk di kursi yang benar, serta tidak merokok selama berada di dalam kereta api.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.