Hutan Konservasi di Desa Sukamaju Ciamis, Objek Wisata Alam Cantik

Travel, CIAMIS: Kawasan hutan konservasi di Blok Raksamala menjadi objek wisata alam yang indah di Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis.

Tepatnya berada di kawasan hutan konservasi Gunung Sawal, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Bacaan Lainnya

Ketua Karang Taruna Desa Sukamaju b Noval Bahira, sejak tahun 1907, Blok Hutan Raksamala ini ditanami pohon endemik, yakni pohon rasamala. Pohon ini bisa tumbuh dengan tinggi 40 sampai 60 meter.

Blok Hutan Raksamala termasuk hutan lindung dengan luas 64 hektare.

Saat ini, di Blok Hutan Raksamala terus dikembangkan oleh Pemerintah Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti sebagai wisata alam atau konservasi untuk penelitian. 

Mahasiswa Universitas Galuh (Unigal) Ciamis yang sedang melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) membantu pembangunan wisata alam hutan konservasi wilayah Desa Sukamaju itu.

Mahasiswa KKN Unigal Ciamis

Di sana terdapat Curug Raksamala dengan konsep pembangunan wisata yang tidak mengganggu hutan konservasi raksamala di Desa Sukamaju.

Pemerintah setempat juga tidak mengganggu ekosistem yang ada. Mereka tidak mau merusak habitat alami yang sudah ada. Hal ini berguna untuk menjaga kawasan konservasi agar tetap terjaga kelestariannya.

Wisatawan yang ingin memasuki wisata Curug Raksamala, akan menemukan saung yang disebut sebagai saung Abah Undang. 

Saung ini sebagai gerbang menuju hutan blok raksamala. Sekaligus menjadi tempat produksi gula aren tradisional. 

Di sana ada pula kedai kopi di tepi lembah yang wajib untuk dikunjungi karena menyediakan kopi khas Desa Sukamaju.

Wisata Curug Raksamala menyediakan camp ground di pinggir sungai, di sana sudah ada musola dan toilet. Serta terdapat jembatan penyebrangan sungai untuk menuju hutan raksamala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.