Kampung Nila Kawali Harus Jadi Tujuan Wisata Edukasi

Kampung Nila kawali
Anak SD Diajak Berwisata ke Kampun Nila Kawali/SAKATA.ID

Travel, CIAMIS: Sejumlah anak Sekolah Dasar Negeri 1, 2, dan 3 Kawali diajak berwisata oleh Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik Universitas Pertanian Bogor (KKNT IPB) ke lokasi Kampung Nila di Desa Kawali, Kabupaten Ciamis.

Menurut Ketua pelaksana KKNT IPB Ade Dimas Permana, kegiatan edukasi wisata dengan mengajak anak-anak Sekolah Dasar bertujuan untuk mengenalkan lokasi Kampung Nila agar mereka tahu dan menyenangi ikan sejak kecil.

Bacaan Lainnya

Ia mengungkapkan, Kampung Nila yang dikunjungi mempunyai tiga aspek yang dikembangkan untuk menarik wisatawan datang.

Ade juga menuturkan, Trilogi Kampung Nila yang diusung untuk mendatangkan wisatawan yang berkunjung ke Kampung Nila yaitu optimalisasi produk olahan, pemberdayaan pemuda dalam budidaya ikan, serta Eduwisata Kampung Nila.

Ia menegaskan bahwa pemanfaatan usaha perikanan Kampung Nila sebagai tujuan wisata dilakukan untuk mengedukasi anak anak sekolah.

Ade mengatakan, dengan anak-anak sekolah dasar diajak berwisata di Kampung Nila Kawali ini diharapkan, ke depanya mereka bisa gemar makan ikan.

Bahwa, mengedukasi anak-anak agar gemar ikan sesuai program yang dicanangkan Pemerintah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis Budi Kurnia meminta, para mahasiswa IPB menjalin sinergi dengan masyarakat maupun Pemerintah Kabupaten Ciamis.

Budi menegaskan, kegiatan yang kampu meningkatkan pariwisata itu dilakukan jangan hanya saat Kuliah Kerja Nyata Tematik. Tetapi harus terus terjalin setelah KKN usai.

Dia menilai, potensi Kampung Nila Kawali sangat bagus untuk dijadikan tujuan wisata. Sehingga pihak kampus harus bisa mendorong bahkan kalau bisa menjadi bapak asuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.