Rahasia Hotel yang Jarang Diketahui, Waspada Kutu Busuk

  • Whatsapp

Travel, SAKATA.ID: Ada beberapa rahasia hotel yang jarang diketahui oleh tamu. Selama ini, tamu mengira bahwa semua yang ada di kamar sudah dalam kondisi bersih dan siap pakai.

Namun kenyataannya tidak semua demikian. 

Bacaan Lainnya

Janessa Richard, mantan karyawan hotel di AS membagikan tips seputar menginap di hotel melalui video Tiktok.

Ia membeberkan pengalamannya sewaktu masih bekerja sebagai karyawan hotel. Hal-hal yang ia ceritakan membuat orang terkejut.

Jangan Pakai Gelas di Kamar

Salah satu rahasia hotel yang jarang diketahui adalah masalah higienitas pada fasilitas kamar, yaitu gelas.

Menurut pengalaman Janessa, karyawan hotel tidak akan mengganti gelas yang tersedia di kamar selama itu masih terlihat bersih. Selagi gelas tidak terlihat kotor, karyawan hotel akan membiarkan itu untuk tamu berikutnya. 

Apabila kamu tiba di hotel, ada baiknya tidak menggunakan gelas yang tersedia di kamar karena bisa jadi itu bekas tamu sebelumnya.

Namun, hotel menyediakan air minum kemasan yang masih tersegel. Meminum air dari botolnya langsung akan lebih terjamin kebersihannya. 

Masalah higienitas ini juga berlaku untuk peralatan makan yang lain, seperti cangkir, piring, dan sendok.

Selama benda-benda itu masih terlihat bersih, maka karyawan hotel hanya merapikan penempatan agar tampak seperti baru diganti.

Karpet dan Selimut Jarang Dicuci

Janessa juga menjelaskan bahwa karpet dan selimut yang ada di kamar hotel jarang dicuci. Apabila kamu berada di hotel, sebaiknya tetap gunakan kaus kaki saat berjalan-jalan di atas karpet.

Menurutnya, karpet yang ada di kamar hotel hanya dibersihkan dengan penyedot debu. Karyawan hotel mencuci karpet setahun sekali atau ketika mulai terlihat sangat kotor.

Selain karpet, mereka juga jarang mencuci selimut. Secara umum, selimut yang terlihat masih bersih hanya dijemur dan dirapikan kembali.

Kemungkinan selimut yang tersedia di kamar adalah bekas pemakaian tamu sebelumnya. Apabila kamu mencium bau tak sedap dari selimut atau karpet, segera minta pihak hotel untuk menggantinya dengan yang baru. 

Kutu Busuk Bersembunyi di Kasur

Pengguna anonim situs Reddit juga membeberkan rahasia hotel yang jarang diketahui orang.

Menurut pengalamannya, terkadang ada kutu busuk yang bersembunyi di kasur. Namun, itu bukan kesalahan pihak hotel karena biasanya dibawa oleh tamu dari luar negeri.

Apabila kamu tiba di hotel, jangan langsung berbaring di ranjang! Simpan semua barang bawaan di kamar mandi terlebih dulu. Matikan lampu, singkirkan bantal dan sprei dari atas ranjang. Kutu busuk akan berkumpul di atas kasur ketika gelap dan bersembunyi saat ada cahaya.

Jika kamu melihat kutu busuk di kasur, minta pihak hotel untuk menggantinya dengan yang baru.

Tips ini berguna untuk mencegah reaksi alergi atau menjaga kulit yang sensitif. Tentunya kamu tidak mau momen liburan rusak gara-gara masalah kebersihan hotel. 

Check In Terlambat, Bisa Upgrade Kamar

Tak hanya sisi negatif, rahasia hotel yang jarang diketahui orang juga memiliki sisi positif. Ketika kamu sudah memesan kamar hotel, cobalah datang terlambat.

Biasanya jadwal check-in tamu dimulai dari jam 2 siang. Pada jam-jam awal, pihak hotel akan berusaha menjual kamar standar sampai habis. 

Namun, ada kalanya pihak hotel memberikan diskon hingga 80% untuk kamar suite kepada tamu-tamu yang datang terlambat.

Ketika semua kamar standar sudah terjual habis, pihak hotel akan membiarkan kamar suite terisi. Alasannya sederhana, karena mereka tidak mau kamar suite dibiarkan kosong terlalu lama. 

Apabila kamu sudah memesan kamar dengan harga standar namun datang di malam hari, terkadang pihak hotel bisa memberikan upgrade kamar tanpa biaya tambahan. 

Bekerja Sama dengan Rumah Sakit

Berkaitan dengan Covid-19, ada hotel di AS yang bekerja sama dengan rumah sakit untuk isolasi mandiri.

Tamu-tamu yang menginap akan mendapat perlakuan baik dari pihak hotel agar dapat menjalani isolasi dengan tenang selama pandemi. 

Tentunya protokol kesehatan di hotel ini lebih diperketat dan sudah ada tenaga kesehatan yang datang untuk memeriksa tamu.

Janessa mengatakan, salah satu rumah sakit yang memfasilitasi hotel-hotel untuk isolasi mandiri adalah Rumah Sakit St. Carolus.

Selain itu, kamu juga bisa meminta pihak hotel untuk membungkus sarapan jika ingin check out lebih awal.

RS-03

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *