Tips Liburan ke Jogja Bagi Pemula, Asyik Tapi Hemat

Tips liburan ke Jogja Bagi Pemula

RAGAM, Travel:- Tips liburan ke Jogja bagi pemula agar tidak tersesat baik ketika bersama rombongan atau keluarga Sebelum pergi pergi berlibur Anda perlu menentukan destinasi, karena Yogyakarta atau Jogja menawarkan berbagai wisata yang menarik. Memiliki perencanaan budget juga dapat membantu Anda agar setelah pulang dari berlibur kantong tidak jebol. 

Ada wisata kota yang memungkinkan kita menjelajahi kawasan Malioboro, museum keraton Yogyakarta, dan Istana Air Tamansari. Ada juga wisata alam dengan pemandangan memukau, seperti Pantai Parangtritis dan air terjun Kedung Pedut. Selain itu ada kuliner khas Jogja yang tidak boleh dilewatkan, beberapa di antaranya jadah tempe dan sate Klatak. 

Bacaan Lainnya

Simak Tips Liburan ke Jogja Bagi Pemula

Baru pertama kali ke Jogja? Tenang! Anda tetap bisa pergi ke libur tanpa khawatir tersesat, selama mematuhi aturan biro perjalanan. Bicarakan kepada rombongan bahwa ini kali pertama Anda bergabung, dengan demikian liburan tidak akan berubah jadi musibah. Komunikasi dapat mempererat hubungan dengan sesama pelancong, dan Anda tidak terpisah dari rombongan. 

Waktu Terbaik Pergi ke Jogja

Kapan waktu terbaik liburan ke Jogja? Anda bisa pergi kapan saja, tetapi di bulan Oktober selalu banyak kejutan. Tips liburan ke Jogja bagi pemula, berangkat mendekati tanggal 7 Oktober. Pada hari tersebut akan diperingati ulang tahun kota Jogja yang ke 264, maka akan digelar acara perayaan selama sebulan penuh. 

Acara-acara yang kemungkinan akan digelar yaitu Jogja Tugu Festival, Wayang Jogja Night Carnival, dan Jogja Fashion Carnival. Di Singapura, pandemi Covid-19 diprediksi akan berakhir bulan depan sehingga memungkinkan lebih banyak turis pergi berlibur ke Jogja. 

Ilmuwan dari Singapore University of Technology and Design mempelajari data penyebaran virus corona 5 Mei 2020 dan hasilnya pandemi Covid-19 diprediksi akan berakhir pada 7 Oktober 2020 di Singapura. Sedangkan di Indonesia, dari data penyebaran corona 29 April 2020 diprediksi pandemi berakhir pada 1 September 2020. 

Tetap gunakan alat perlindungan diri meliputi masker, hand sanitizer, dan membawa peralatan makan. Jika memungkinkan, selalu mencuci tangan dengan sabun agar lebih efektif dalam mengusir bakteri dan virus. 

Pahami Daya Tarik Setiap Wisata

Memahami daya tarik wisata yang dituju merupakan salah satu tips liburan ke Jogja bagi pemula. Dengan mengetahui daya tarik setiap wisata, Anda menjadi tahu apa yang bisa dinikmati dari tempat itu dan spot yang tepat untuk berfoto sehingga liburan menjadi berkesan. Pertimbangkan pendapat dari setiap orang tentang wisata mana yang ingin dituju, lalu sepakati bersama. 

Wisata ke Jogja tidak lengkap rasanya kalau tidak mengunjungi Tugu Pal Putih. Tugu yang merupakan simbol ikonik dari Yogyakarta ini berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman dan Margo Utama. 

Untuk Anda yang lebih menyukai pemandangan alam, tips liburan ke Jogja bagi pemula kunjungi Wisata Alam Kalibiru. Spot berfoto yang istimewa ada di atas pohon dengan background pegunungan, bahkan para pelancong rela mengantri! Anda juga bisa menemukan fasilitas homestay, camping ground, dan arena outbond. 

Buat Perencanaan Budget

Idealnya budget dalam tips liburan ke Jogja bagi pemula sekitar 2 juta untuk paket wisata rombongan 2 hari 2 malam. Biaya tersebut dikenakan untuk satu orang dan sudah termasuk fasilitas menginap di hotel. Mengenai jumlah makan yang diberikan berbeda-beda tergantung biro perjalanan yang dipilih, tetapi pengeluaran di luar paket ditanggung oleh pelancong. 

Meski Jogja terkenal dengan kuliner yang murah, namun Anda perlu mewaspadai dengan pengeluaran di luar rencana. Seperti saat Anda singgah di toko oleh-oleh, tidak perlu merasa bersalah jika tidak membeli dalam jumlah banyak. Kecuali memang Anda sudah menetapkan budget untuk beli sepuluh macam oleh-oleh dari sebelum berangkat. 

Apabila melakukan perjalanan solo travel ala backpacker, ternyata liburan ke Jogja bisa dengan low budget 1 jutaan! Anda bisa berangkat dengan kereta api kelas ekonomi, cari penginapan dengan tarif mulai dari 100 ribuan, dan sewa motor di Jogja berkisar Rp 60 ribu per hari. 

Transportasi Menuju Jogja

Dengan kereta api bisa ditempuh dalam 5-6 jam dari Tasikmalaya ke Stasiun Lempuyangan Yogyakarta dengan tarif mulai dari 94 ribu untuk kelas ekonomi. Pastikan Anda memesan tiket dari jauh-jauh hari maksimal 3 hari sebelum keberangkatan. Hal dilakukan sebagai antisipasi tiket habis terjual saat hendak pergi liburan. 

Tips liburan ke Jogja bagi pemula yang berangkat menggunakan bus dari Tasikmalaya, akan dikenakan tarif Masa Corona/PSBB 160 ribu per kursi. Durasi perjalanan diperkirakan selama 7-8 jam, dan akan berhenti di Terminal Giwangan Yogyakarta. Harga per kursi biasanya lebih murah jika dipesan oleh agen pariwisata. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.