Tips Liburan ke Pangandaran, Nikmati Wisata Alamnya yang Indah

Tips liburan ke pangandaran
TRAVEL, Pangandaran: Tips liburan ke Pangandaran untuk Anda yang menyukai pantai, pilihan transportasi menuju Pangandaran, dan panduan memilih akomodasi yang tepat. Pangandaran tak hanya dikenal dengan pantainya, tapi juga wisata alam yang memberikan pemandangan indah dan instagramable. Keluar dari rutinitas sehari-hari diperlukan untuk mengusir rasa jenuh serta menjaga kondisi mental. 

Ketika diserang pandemi Covid-19, banyak karyawan yang dirumahkan dan pelajar juga harus melakukan kegiatan belajar daring. Rutinitas yang terus menerus dipaksakan di rumah, membuat kita cenderung mudah stress dan rentan konflik dengan orang terdekat. 

Memasuki era normal baru, beberapa perusahaan memperbolehkan karyawan kembali bekerja di kantor dengan tujuan menggerakkan roda ekonomi. Tempat-tempat wisata juga mulai menerima kunjungan turis, salah satunya Pangandaran. Simak tips liburan ke Pangandaran untuk melepas rasa penat, jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan, ya!

Bacaan Lainnya

Tips Liburan ke Pangandaran Low Budget 

Jika dibandingkan dengan tempat wisata-wisata lain, Pangandaran terbilang low budget alias murah. Untuk memasuki gerbang utama, tiket hanya dikenakan Rp 6.000 per orang atau Rp 37.500 per mobil. Anda akan disuguhi Taman Bunderan Pangandaran dengan patung ikan besar sebagai simbol wisata yang didominasi oleh laut. 

Pilihan Transportasi ke Pangandaran

Pangandaran juga terbilang mudah dituju karena tersedia beberapa pilihan transportasi. Pertama, menggunakan kereta api. Tips liburan ke Pangandaran untuk wisatawan yang berangkat dari Stasiun Jakarta, ambil rute Jakarta-Bandung-Banjar. Ini juga berlaku untuk wisatawan di luar Jakarta, harus transit dulu di Stasiun Bandung agar bisa melanjutkan ke Banjar. 

Apabila wisatawan berangkat dari Tasikmalaya menggunakan kereta api, maka bisa langsung menuju stasiun Banjar sebagai pemberhentian akhir karena Stasiun Pangandaran sudah lama nonaktif. Namun jangan khawatir, Anda bisa menaiki bus mini menuju Pangandaran atau menyewa mobil dari aplikasi pemandu perjalanan. 

Cara kedua yaitu naik bus. Tips liburan ke Pangandaran, naik bus lebih murah dan praktis karena Anda akan berhenti di Terminal Pangandaran yang berjarak 300 meter ke pantai. Cara ketiga menggunakan pesawat, maka akan dilayani oleh maskapai Susi Air dengan tarif 600 ribu per orang untuk rute Jakarta-Bandung-Pangandaran. 

Apapun transportasi yang dipilih, pastikan tiba di penginapan pada malam hari sehingga Anda bisa langsung beristirahat setelah melalui perjalanan panjang dan mulai berburu foto keren di keesokan paginya. Waktu terbaik mengambil foto di taman adalah pagi hari diatas jam 10, dan sore hari setelah jam 3. Pada waktu-waktu tersebut, sinar matahari cukup mendukung untuk foto outdoor. 

Panduan Memilih Akomodasi

Tips liburan ke Pangandaran untuk wisatawan yang menghemat budget, pilihlah penginapan dengan konsep hostel (dormitori) VK Pods Pangandaran dimana satu kamar bisa diisi oleh beberapa orang sehingga tarifnya lebih hemat. Melakukan booking secara online dan transaksi non tunai lebih dianjurkan agar bisa meminimalisir kontak.

Jika memiliki budget lebih, tak ada salahnya menginap di Horison Palma Pangandaran untuk menikmati pemandangan laut dari atas gedung. Atau coba juga Lagoona Beach Bungalows Batukaras, penginapan dengan arsitektur unik dan cocok untuk tamu yang membawa keluarga karena terdiri dari beberapa pondok yang dibangun terpisah dari resepsionis.

Keuntungan memesan hotel secara online yaitu bisa mendapatkan diskon di hotel berbintang, sehingga harga yang dibayar lebih murah dibanding pesan di tempat. Beberapa aplikasi pemandu perjalanan memberikan poin tambahan jika menulis review tentang hotel yang pernah dikunjungi, poin tersebut dapat digunakan untuk transaksi berikutnya.

Memilih Destinasi Wisata

Pangandaran dikenal dengan wisata pantai, mulai dari Pantai Pangandaran, Pantai Batu Hiu, Pantai Karapyak, hingga Pantai Karang Nini. Bagi Anda yang menyukai olahraga surfing, saatnya berburu ombak di Pantai Batu Karas, Pantai Bulak Setra, dan Pantai Madasari.

Waktu terbaik liburan ke Pangandaran adalah saat musim kemarau, agar Anda tidak terjebak di hotel seharian ketika turun hujan. Karena sebagian besar tempat wisata adalah outdoor, maka hindari pergi ke pantai saat debit air sedang tinggi.

Tips liburan ke Pangandaran untuk Anda yang punya jiwa petualangan, menyusuri sungai di Cukang Taneuh alias Green Canyon lumayan banyak diminati wisatawan. Selain itu Anda juga bisa menjelajahi Batu Lumpang Garden dan Goa Sinjang Lawang yang menyuguhkan panorama.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.