Tips Memilih Hotel Murah untuk Liburan

tips memilih hotel murah
grafis:disa/sakata.id,

TRAVEL:- Tips memilih hotel murah dan nyaman untuk menginap, perjalanan bisnis dan liburan. Mencari tahu fasilitas apa saja yang disediakan hotel serta menentukan perbandingan harga dapat memudahkan kita menemukan hotel murah namun tetap nyaman. Berikut ini adalah beberapa pertimbangan yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan check in

Pesan Melalui Aplikasi Pemandu Perjalanan

Ketika musim pandemi masih berlangsung, menghindari kontak dengan orang lain sangat dianjurkan. Memesan kamar hotel dengan transaksi non tunai lebih dianjurkan karena Anda tidak perlu melakukan kontak secara langsung, sehingga ketika datang ke hotel yang dituju, Anda hanya perlu memperlihatkan bukti reservasi digital. 

Bacaan Lainnya

Ada beberapa keuntungan memesan kamar hotel lewat aplikasi. Yang pertama, Anda bisa mendapat gambaran tentang suasana hotel. Aplikasi pemandu perjalanan seperti Traveloka dan Tiket.com biasanya memasang foto bangunan hotel tampak dari luar, suasana di lobi, bagaimana kondisi kamar, toilet, serta fasilitas lainnya. 

Ketahui Fasilitas yang Tersedia

Tips memilih hotel murah lewat aplikasi, Anda juga bisa mengetahui fasilitas apa saja yang disediakan. Apakah hotel tersebut menyediakan wifi? Apakah biaya menginap sudah termasuk sarapan? Bagaimana akses ke tempat ibadah? Apakah handuk dan kebutuhan mandi juga tersedia? 

Jika pertanyaan-pertanyaan di atas bisa terjawab, maka berarti  hotel yang dituju menyediakan fasilitas yang memadai. Memang tidak harus ada semua, tetapi apabila hotel tidak menyediakan kebutuhan mandi setidaknya kita bisa membawa sendiri dari rumah. Umumnya biaya menginap sudah termasuk sarapan, dan beberapa hotel juga menyediakan restoran. 

Baca Ulasan-Ulasan Hotel

Keuntungan lainnya ketika kita memesan hotel dari aplikasi, kita bisa membaca ulasan dari orang-orang yang pernah menginap disana. Ulasan tersebut berguna sebagai bahan pertimbangan sebelum memesan kamar, karena jika sebuah hotel mendapat banyak ulasan positif maka artinya para tamu merasa puas dengan pelayanan disana. 

Jika Anda berhasil mendapatkan kamar dan merasa puas menginap disana, jangan lupa untuk menulis ulasan juga agar bisa membantu pengguna lain. Aplikasi pemandu perjalanan biasanya memberikan poin tambahan bagi pengguna yang menulis ulasan, dan poin-poin tersebut jika dikumpulkan bisa dipakai untuk diskon di transaksi berikutnya. 

Temukan Harga Terbaik

Berkat kehadiran aplikasi pemandu perjalanan, kita bisa mendapat perbandingan harga-harga hotel. Untuk liburan low budget, pilih harga termurah yang paling pas di kantong. Tetapi selalu sempatkan untuk membaca ulasan hotel tersebut sebelum menginap. Jika mengambil kamar hotel murah, jangan terlalu berharap bisa mendapat fasilitas seperti hotel berbintang. 

Jika Anda memiliki kartu kredit, manfaatkan fasilitas tersebut untuk mendapatkan diskon. Kartu kredit bisa menjadi metode pembayaran hotel yang menguntungkan, karena ada banyak promo-promo tersedia. Saat menerima tagihan, pastikan Anda langsung membayar lunas dari rekening bank agar tidak dikenakan bunga.

Tentukan Jadwal Menginap

Jika pesan kamar hotel untuk liburan, maka Anda perlu menentukan waktu yang tepat. Berangkat ketika orang masih sibuk kerja atau di musim liburan low season dapat menekan biaya penginapan. Menjelang Natal dan Tahun Baru, harga-harga hotel bisa naik dua kali lipat dari harga normal. 

Untuk mendapatkan harga hotel terbaik, hindari traveling di musim libur panjang atau hari besar nasional. Karena ketika memasuki Idul Fitri dan Idul Adha, tak hanya harga hotel, tapi tiket pesawat dan kereta api juga ikut naik. Jika Anda sibuk bekerja di kantor, cobalah untuk ambil cuti yang dikombinasi akhir pekan untuk bisa pergi liburan saat low season. 

Hostel sering menjadi pilihan bagi backpacker untuk menekan biaya pengeluaran saat berlibur. Namun jika ada teman yang bersedia pergi liburan bersama, harga satu kamar hotel bisa dibagi tiga dan terhitung sama saja dengan tarif hostel per orang. Keuntungan lainnya kita juga bisa mendapatkan privasi lebih. 

Tips memilih hotel murah yang terakhir, pilihlah lokasi yang dekat dengan tempat wisata. Meskipun harganya sedikit lebih mahal, tetapi hotel yang lebih dekat ke tempat wisata bisa membebaskan kita dari pengeluaran transportasi. Bahkan Anda bisa saja mencapai tempat wisata hanya dengan berjalan kaki dari hotel. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.