Tips Naik Pesawat Saat Pandemi, Tetap Waspada

Tips Naik Pesawat SaatPandemi

TRAVEL, Sakata.id:– Ketika pandemi Covid-19 belum berakhir, orang-orang menghindari bepergian menggunakan pesawat. Namun tetap saja ada urusan mendesak yang mengharuskan orang naik pesawat, sehingga jalan berdamai harus diambil. Bukan berarti Anda mengabaikan virus corona, protokol kesehatan tetap dipatuhi. Untuk lebih jelasnya simak tips naik pesawat saat pandemi berikut ini. 

Berikut Tips Naik Pesawat Saat Pandemi

Menurut dr Wawan Mulyawan dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Penerbangan (Perdopsi), berdamai dengan corona bukan berarti kita mengabaikan protokol kesehatan. Menggunakan masker dan menjaga jarak dengan orang lain tetap perlu dilakukan, guna mencegah penularan virus. 

Bacaan Lainnya

Membawa Surat Keterangan Bebas Covid-19

Tips naik pesawat saat pandemi yang pertama adalah membawa surat keterangan bebas Covid-19. Untuk mendapatkan surat ini, Anda harus datang ke fasilitas kesehatan setempat baik itu rumah sakit atau klinik yang menyediakan layanan rapid test dan swab test. Jika hasilnya negatif, maka Anda dinyatakan bebas Covid-19. 

Tarif untuk rapid test adalah Rp 150.000 per orang belum termasuk biaya administrasi. Sedangkan biaya untuk swab test adalah Rp 1.675.000 untuk satu orang. Hasil dari rapid test berlaku untuk tiga hari, sedangkan hasil swab test berlaku tujuh hari. 

Selain membawa surat keterangan bebas Covid-19, Anda tetap tidak boleh melupakan dokumen persyaratan utama yaitu KTP, surat pengantar dari RT setempat, serta mengisi pernyataan isolasi mandiri atau karantina. Bagi penumpang yang bepergian dengan rute non domestik, maka harus membawa paspor.

Mencetak Boarding Pass atau Check In Online

Selanjutnya, tips naik pesawat saat pandemi menganjurkan Anda untuk mencetak boarding pass sebelum keberangkatan. Beberapa maskapai ada yang memperbolehkan penumpang mencetak boarding pass secara mandiri di rumah. Namun ada juga yang mengharuskan penumpang mencetak boarding pass di counter check in bandara. 

Boarding pass sendiri berbeda dengan tiket pesawat. Tiket pesawat berisi informasi tentang pembayaran, jadwal penerbangan, dan hak penumpang. Sedangkan boarding pass merupakan tanda pengenal penumpang yang memasuki kabin, berisi informasi tentang nama penumpang, tujuan, nomor pesawat, dan nomor tempat duduk. 

Meski Garuda Indonesia tidak mewajibkan penumpang mencetak boarding pass karena bisa ditunjukkan secara digital, tetapi alangkah lebih baiknya kita tetap mencetak sendiri untuk berjaga-jaga ponsel atau tablet habis batre saat tiba di bandara.

Siapkan Alat Perlindungan Diri (APD)

Penumpang perlu menyiapkan beberapa APD sebagai tips naik pesawat saat pandemi. APD yang dimaksud terdiri dari satu masker bedah yang dipakai, dua masker kain sebagai cadangan, satu satu hand sanitizer, dan dua sachet tisu desinfektan. 

Membawa masker cadangan bertujuan untuk antisipasi ketika masker bedah yang dipakai terkena cipratan air. Selain itu, Anda bisa memberikan masker cadangan kepada penumpang lain yang tidak membawa masker. Jika penumpang membawa anak-anak, pastikan penggunaan hand sanitizer berada dalam pantauan agar tidak termakan. 

Mencuci tangan dengan sabun lebih efektif dalam menghilangkan virus dan bakteri. Namun jika Anda tidak menemukan air, hand sanitizer bisa menjadi solusinya. Selalu perhatikan lingkungan sekeliling Anda. Biasanya fasilitas mencuci tangan selalu tersedia di dekat pintu masuk bandara. 

Lapor Ke Awak Kabin Jika Mengalami Keluhan Kesehatan

Penumpang yang mengalami gangguan medis baik itu secara fisik atau mental akan mendapat perhatian khusus saat naik dan turun dari pesawat, selama penerbangan, dalam situasi darurat serta saat berada di bandara. Tips naik pesawat saat pandemi, penumpang perlu memberi persetujuan kepada departemen medis maskapai untuk mendapatkan hak khusus. 

Ada beberapa kriteria penumpang yang mendapat perhatian khusus, yaitu penumpang yang mengidap penyakit menular seperti batuk pilek, penumpang yang bisa menyebabkan ketidaknyamanan bagi penumpang lain, dan penumpang dengan kondisi kesehatan yang berpotensi menyebabkan pendaratan darurat. 

Tips naik pesawat saat pandemi bisa diterapkan untuk Anda yang harus mengambil penerbangan di situasi terdesak. Surat keterangan bebas Covid-19 adalah dokumen persyaratan yang perlu Anda bawa, jangan lupa siapkan APD dan cetak boarding pass. Jika penumpang sakit, segera laporkan ke awak kabin untuk mendapat penanganan medis.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.