Turis di Bali Harus Diedukasi Protokol Kesehetan

Pesan Bamsoet Kepada Tour Guied Turis di Bali Harus di edukasi protokol kesehatan.

SAKATA.ID: Turis di Bali dari luar negeri harus diedukasi mengenai protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus corona. Ini pesan yang disampaikan langsung oleh Ketua MPR RI Bambang Soetatyo ketika bertemu dengan tour guide atau pemandu turis di Bali.

BACA JUGA: Destinasi Wisata Terbaik Dunia Ada di Indonesia

Bacaan Lainnya

Perhotelan di Bali juga harus lebih memeriksa kebersihan kamar hotel secara berkala. Bahkan harus melakukan penyemprotan disinfektan secara berkala pula.

Dalam pariwisata ada tiga penunjang kepercayaan para turis, yakni tour guide, hotel dan villa.

Bali harus juga melakukan publikasi secara masif baik melalui media sosial atau elektroni. Karena mengembalikan kepercayaan ditengah pandemi tidaklah mudah.

BACA JUGA : Hotel Nyaman Buat Staycation di Jakarta Nih! Ada Fasilitas Hydromassage-nya

Tetapi kata Bamsoet Bali tidak sendirian, berbagai elemen siap bergotong royong, kembali membangkitkan kepariwisataan di Bali.

Salah soerang tour guide di Bali, Wisnu mengaku dalam posisi normal biasanya toru guide bisa mendapatkan pemasukan sekitar Rp10-Rp15 juta perbulan. Namun sejak pandemi, pendapatan mereka menurunn sangat drastis.

BACA JUGA : Bikin Resah, Anji Dilaporkan Ke Polisi

Sekarang krisis lebih dahsyat dari krisis moneter di tahun 1998, dan kasus terorisme yang pernah ada di Bali tahun 2002.

Kerugian ekonomi akibat pandemi dari Maret-Juli 2020 berdasarkan Dinas Pariwisata setempat, mencapai Rp48,5 triliun atau sekitar Rp9,7 trilyun per bulan.

BACA JUGA : Pembelajaran Daring Dinilai Tidak Efektif

Pendapatan devisa pariwisata Bali terhadap perkeonomian nasional pada tahun 2019, berkontribusi sebesar 28,9 persen dari pendapatan devisa pariwisata negara, atau Rp75 trilyun.

Dibukanya pariwisata di Bali untuk turis mancanegara ini ditandi dengan dibukanya kebun binatang, pura, Pantai Pandawa, Pantai Sanur, Pantai Kuta, dan restoran,

“Yang terpenting, para tour guide harus menedukasi turis terkait pencegahan virus corona selain menjelaskan keindahan pesona wisata di Bali,” kata dia. *(ant).

BACA JUGA : Megapixel yang Besar akan Membuat Foto Semakin Bagus Cuma Mitos ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.