Usaha Kuliner Modal 5 Juta, Ini Cara Atur Budgetnya!

Foto: Istimewa/Sakata

Bisnis, SAKATA.ID: Di era modern ini, banyak orang berlomba-lomba untuk menjalankan usaha kuliner modal 5 juta. Apalagi pada pandemi ini banyak orang yang terkena dampak pemutusan kerja dari perusahaan tempat mereka bekerja. Hal tersebut membuat mereka memutar otak agar bisa melanjutkan hidup dengan membuka usaha, salah satunya sektor kuliner. 

Bisnis satu ini sangat mudah dilakukan dan ada yang hanya memerlukan minim modal dan dapat dikerjakan dari rumah. Berikut ini beberapa pilihan usaha kuliner rumahan yang hanya memerlukan modal 5 juta.

Bacaan Lainnya

Katering Rumahan

Dana awal yang Anda perlukan untuk memulai bisnis ini terbilang sangat mudah, yaitu dengan modal 5 juta saja. Dan Anda tidak harus menyewa tempat khusus untuk menjalankan bisnis ini karena anda dapat mengerjakannya dari dapur Anda.

Anda dapat memanfaatkan ponsel Anda untuk melakukan promosi usaha katering anda. Selain itu, Anda dapat mengerjakannya saat ada pesanan saja. Berikut rincian modalnya.

Kompor dan tabung gas : Rp700 ribu 

Peralatan masak : Rp1 juta

Alat makan : Rp500 ribu

Kotak makan plastik : Rp150 ribu

Promosi : Rp250 ribu

Total : Rp 2,6 juta

Frozen Food

Menjual produk makanan beku juga dapat Anda coba sebagai ide usaha kuliner modal 5 juta. Anda bisa menjual nugget, bakso, sosis, cireng, kentang goreng dan lain-lain. Anda dapat membuat produk-produk tersebut sendiri atau menjadi  agen/ reseller produk makanan beku beberapa brand. 

Jika Anda berminat memebuatnya sendiri, anda bisa membuat berbagai varian rasa seperti manis, original, pedas dan lainnya. Anda bisa memanfaatkan lemari es yang ada di rumah Anda. Dan juga memanfaatkan smartphone anda untuk mempromosikan jualan Anda. Berikut rincian modal 5 juta yang Anda perlukan.

Aneka produk frozen food: Rp500 ribu

Listrik : Rp100 ribu

Promosi : Rp250 ribu

Total modal : Rp850 ribu

Minuman Thai Tea

Salah satu bisnis kuliner modal 5 juta yang sedang populer di kalangan anak muda, yaitu aneka minuman seperti thai tea. Selain thai tea, anda bisa menambahkan varian minuman lainnya seperti kopi, susu atau minuman dengan campuran coklat. 

Bila Anda memiliki ruang lebih misalnya halaman atau garasi, anda dapat mengubah sedikit dekorasinya menjadi kedai mini dengan menambahkan dua atau tiga meja dengan dua kursi pada masing-masing mejanya.

3 meja lipat, 6 bangku plastik : Rp520 ribu

2 Blender : Rp240 ribu

Termos es : Rp150 ribu

Sendok dan gelas ukur, sendok stainless : Rp150 ribu

3 Set teko thai tea : Rp350 ribu

Spanduk : Rp100 ribu

Papan menu : Rp50 ribu

Bahan baku 100 cup : Rp500 ribu

Total : Rp2,05 juta

Nasi Uduk/Nasi Kuning

Usaha rumahan modal 5 juta yang satu ini pasti akan mendatangkan income yang besar. Nasi uduk/nasi kuning biasanya diburu oleh pelanggan untuk sarapan, yang harus anda lakukan adalah membuat makanan yang anda jual bercita rasa yang khas untuk menarik sebanyak mungkin pelanggan setiap harinya.

Selain nasi kuning, anda bisa menambahkan beberapa lauk pelengkap seperti tempe, telur dadar, dan juga gorengan. Berikut ini sedikit rincian modal yang diperlukan.

Termos nasi : Rp100 ribu

Centong nasi, sendok stainless : Rp30 ribu

Kertas nasi dan sendok bebek : Rp50 ribu

Bahan baku awal 100 porsi : Rp700 ribu

Plastik : Rp40 ribu

Papan menu : Rp50 ribu

Spanduk & stiker merk : Rp150 ribu

Peralatan masak : Rp500 ribu

Kompor dan gas : Rp450 ribu

Promosi (pulsa data) : Rp200 ribu

Total : Rp2,27 juta

Roti Bakar

Bisa dijadikan sebagai menu sarapan atau camilan, roti bakar adalah makanan semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Anda dapat mengkreasikan rasa dengan aneka topping. Lakukan sedikit inovasi yang membedakan roti bakar anda dengan yang lainnya.

Kompor & gas : Rp450 ribu

Grill pan & alat masak: Rp350 ribu

Bahan baku awal 100 porsi : Rp500 ribu

Wadah makanan : Rp50 ribu

Papan menu : Rp50 ribu

Spanduk dan stiker merk : Rp150 ribu

Promosi (pulsa data) : Rp200 ribu

Total : Rp1,75 juta

Mudah, bukan? Meski dengan modal minim 3 juta sampai 5 juta saja anda sudah bisa memulai usaha kuliner yang bisa dipastikan banyak pelanggan. Dengan sedikit inovasi anda bisa membuat usaha kuliner anda memiliki ciri khusus yang dapat menarik pelanggan lebih banyak setiap harinya.

Anda juga bisa bergabung dengan aplikasi yang menyediakan jasa pemesanan secara daring seperti grab food atau gofood. Pendaftarannya juga tanpa dipungut biaya. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.