Banyak Dikunjungi, Pispun Bike Park Dijadikan Tujuan Wisata Andalan

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
Wakil Ketua DPRD Ciamis Heri Rafni Kotari
Wakil Ketua DPRD Ciamis Heri Rafni Kotari menjajal trek Pispun Bike Park.

 TRAVEL, Ciamis, Sakata.id:-  Tujuan wisata andalan Ciamis terus bermunculan. Kali ini wilayah perbukitan yang sering dikunjungi para penggemar sepeda lintas alam, Pispun Bike Park menjadi target pengembangan pariwisata.

Wakil Ketu DPRD Ciamis Heri Rafni Kotari menyebut, ketika sudah banyak dikunjungi oleh pesepeda dari luar daerah Pispun Bike Park tentu menjadi potensi tujuan wisata andalan Ciamis. Potensi tersebut harus dikembangkan, dan akan berdampak secara ekomoni bagi masyarakat.

Bacaan Lainnya

Politisi Partai Gerindra yang juga mantan pelatih PSGC dan pernah memperkuat Persib Bandung ini mengaku, baru pertama kali menjajal sepeda dengan trek seperti di Pispun Bike Park, dan mendapatan sensasi yang mengasikan.

Beberapa sensasi dia temukan, mulai dari gravitasi dan menikmati tikungan dengan berdecak. “Ini kali pertama saya mencoba trek seperti ini. Ternyata sangat asik. Apalagi kabarnya, lokasi ini sudahh banyak dikunjungi orang dari luar kabupaten, ini potensi yang baik bagi Ciamis,” kata Heri.  

Dengan banyaknya kunjungan dari luar kabupaten, kata Heri, Pispun harus dikembangkan dari sisi pariwisatanya. Pengembangan dan penata kelolaan Pispun Bike Park juga akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat sekitar.

BP2D Tertantang Promosikan Pispun Bike Park

Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BP2D) Ciamis Endang Haris Juandana turut mendorong pengembangan Pispun Bike Park menjadi objek wisata andalan di Ciamis khusus sepeda rekreasi, dan tertantang untuk  mempromosikannya.

 “Disamping ada trek untuk berlatih atlet. Posisinya menguntungakan, ada di hutan. Udaranya segar. Bahkan tadi menurut informasi, ini lebih bagus dari beberapa tempat sepeda lintas alam yang ada di luar Ciamis. Saya merasa tertantang untuk mempromosikan ini,” kata Endang Haris.

Apalagi kata dia, pemerintah sudah turun langsung melihat kondisinya, seperti Disbudpora, Dinas Pariwisata dan anggota DPRD, termasuk BP2D.   

Kepala Bidang Destinasi Wisata Dinas Pariwisata Ciamis Dian Kusdiana Udenk, mengatakan dari sisi kepariwisataan Pispun Bike Park memang perlu campur tangan pemerintah dalam pengembangan dan penatakelolaannya.

“Kita perlu poles lagi, agar lebih menarik, termasuk kelengkapan sarana, seperti titik loading sepeda dan lain-lain. Sehingga ini nanti akan lebih memiliki daya tarik kunjungan wisata rekreasi sepeda di Ciamis,” kata Dian.

Pemerintah Kabupaten juga akan terus berkoordinasi dengan pemerintahan desa dan kecamatan, karena trek serta pintu masuk dan keluar jalur mencakup wilayah tiga desa dan dua kecamatan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *