Harga Urung Ketupat di Ciamis Rp7000

Harga urung ketupat di Pasar Manis Ciamis Rp7000

SAKATA.ID: Harga urung ketupat di Ciamis per satu ikat Rp7000. Dengan harga tersebut anda bisa mendapatkan 10 urung ketupat dalam satu ikatnya.

Menjelang hari raya Idul Adha 2020 sudah banyak penjual urung di Pasar Manis Ciamis. Banyak warga yang membeli urung ke sana.

Bacaan Lainnya

Masyarakat memang cenderung memilih membeli urung ketupat yang sudah siap diisi beras, ketimbang membuat sendiri. Cara membuat urung ketupat memang harus dilakukan oleh pengrajin ahli.

Penjual Urung Ketupat di Ciamis Warga Manonjaya Tasikmalaya

Penjual urung ketupat mulai berjejer di depan Pasar Manis Ciamis, menjelang hari raya Idul Adha. Siapa sangka pengrajin urung ketupat termasuk penjualnya di Pasar Ciamis itu bukan warga asli Ciamis, melainkan warga Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya.

Salah seorang penjual urung Ketupat Dadang (35) mengaku sudah puluhan tahun dia berjualan urung ketupat di Pasar Manis Ciamis. Bahkan sejak kecil dia sudah ikut orangtuanya.

“Saya dari Manonjaya Tasik kang, saya sudah sepuluh tahun jualan urung ketupat di sini,” kata Dadang Rabu (29/7/2020).

BACA JUGA: 902 Hewan Kurban Ciamis Tidak Layak Dikurbankan

Hal sama disampaikan Iwan yang juga warga Manonjaya Tasik. Dirinya bahkan sejak kecil sudah ikut jualan bersama orangtuanya.

“Kalau saya bisa disebut keturunan. Karena dari kecil saya sudah ikut orangtua saya jualan urung ketupat di Pasar Masnis ini,” aku Iwan.

Bahkan Iwan mengatakan bahwa bisa dikatakan semua pedagang urung ketupat di Pasar Manis berasal dari Kecamatan Manonjaya Tasikmalaya.

“Kita jualan urung ini, setiap mau lebaran saja, Idul Fitri sama Idul Adha,” kata Iwan.

Prosfek jualan urung ketupat lebaran Idul Adha 2020, sedang lesu. Iwan mengaku ada penurunan omset jika dibanding tahun sebelumnya.

“Mungkin dampak dari corona ya kang, saya juga tidak tahu. Penjualannya berbeda dari tahun biasannya,” kata Iwan.

Pada tahun sebelumnya dia bisa menjual ribuan urung ketupat dalam satu hari, sekarang dia baru menjual ratusan urung saja.

“Sekarang gak tembus seribu kang, dulu bisa ribuang urung terjual,” kata dia.

Harga urung Ketupat Rp7 ribu setiap satu ikat, satu ikatnya terdapat 10 buah urung.

Urung ketupat tersebut dibuat oleh mereka dari bahan baku daun kelapa di Manonjaya. “Urung ini kami anyam sendiri, bahan baku daun kelapanya juga dari Manonjaya,” kata dia. (HM)*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.