Kemping Wisata di Bukit Jeruk Bubulak Ciamis, Ada Susu dan Kambing Guling

  • Whatsapp
kemping wisata di bukit jeruk bubulak ciamis
Foto: tangkap layar YouTube

TRAVEL, Ciamis-Sakata.Id:- Bukit Jeruk Bubulak Ciamis, sebenarnya bukan nama asli bukit yang dipenuhi oleh pohon Jeruk Lemon di Desa Bendasari Kecamatan Sadananya Ciamis Jawa Barat. Sebutan ini hanya karena perbukitan itu tidak seperti biasanya yang dikelilingi pohon teh atau sayur mayur.

Nama asli bukit Jeruk Ciamis adalah Bukit Bubulak. Dari kaki sampai ke puncak bukit setinggi 300 meteran itu, kiri kanan adalah hamparan hijuan pohon jeruk. Bahkan di puncak juga banyak pohon jeruk.

Bacaan Lainnya

Dari pusat kota untuk mencapai Bukit Jeruk Bubulak Ciamis hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Di puncak bukit terdapat areal atau lahan yang biasa digunakan untuk berkemah. Tentu ini cocok bagi kamu sebagai pecinta alam.

Tinggi Pendakian Hanya 300 Meter

Untuk sampai ke puncak kamu perlu bertualang dengan berjalan kaki sekitar 300 meter, sambil menikmati pemangandan pohon jeruk setinggi satu meteran. Kiri dan kanan pohon jeruk, bahkan di puncak hijauan pohon jeruk ini menghampar.

Pengelola wisata Bukit Jeruk Bubulak Ciamis Iwan mengatakan, selama ini pengunjung memang didominasi oleh para pecinta alam sambil berkemah. Sehingga lebih terkenal dengan camping ground-nya. Di puncak pada malam hari kamu bisa menikmati hamparan cahaya lelampu di Kota Tasikmalaya seperti cika-cika.

Disediakan Sewa Tenda

Di Bukit Jeruk Bubulak Ciamis ini kamu juga bisa menikmati sajian live musik, bahkan bagi kamu yang tidak mau ribet membawa tenda pengelola menyediakan tenda untuk di sewa. Bahkan Hammock untuk bersantai di puncak.

Tentu saja moment pergantian waktu dari siang ke malam tepatnya saat matahari terbenam adalah momen yang selalu ditunggu pengujung. Suasananya tidak boleh terlewatkan untuk sekadar mengambil gambar, atau berselfie.

Menurut Iwan dari gagasan ingin menciptkan peluan usaha dengan budidaya jeruk di bukit, dia malah terinspirasi mengembangkan lokasi tersebut menjadi tujuan wisata alam, di Kabupaten Ciamis. Hasilnya, setiap hari selalu saja ada pengunjung.

Tiket Murah Bisa Pesan Kambing Guling

Selain tiketnya murah hanya Rp5000 pengelola Bukit Jeruk Ciamis juga menyediakan berbagai kebutuhan pengunjung, khususnya yang hendak berkemping. Termasuk jika pengunjung membutuhkan kuliner atau sajian makanan khas.

Pengelola memang menyediakan jasa pembuatan liwet makanan khas Sunda, bahkan siap menerima pesanan Kambing Guling dan Susu Kambing. Tentu saja kuliner khas itu menjadi pelengkap suasana saat kamu menghabiskan malam di Bukit Bubulak.

Iwan berharap ada kolaborasi yang baik antara pengelola dengan pemerintahan baik desa maupun pemerinta kabupaten. Salah satunya dalam peningkatan kualitas jalan kendaraan sebagai akses menuju lokasi wisata.

“Selama ini kan kalau hujan licin, jadi perlu ada peningkatan kualitas jalan. Untuk itu aksi kolaborasi bersama pemerintah sangat perlu. Apalagi ini kedapan juga bisa menjadi pundi Pendapatan Asli Daerah (PAD), dan menambah aset wisata Kabupaten Ciamis, ” kata Iwan.RS-01.*

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *