Sebab di Rumah Banyak Cicak, Cara Mengusir dan Sunnah Membunuhnya

Ragam, Sakata.id: Kecoa, tikus, semut, dan cicak, empat hewan ini sering kita jumpai di rumah. Namun pada edisi ini kami akan mengulas sebab di rumah banyak cicak, dan bagaimana cara mengusirnya.

Cicak adalah hewan reptil berukuran antaran 10 centimeter, berwana abu-abu namun ada juga yang berwarna kecoklatan. Cicak ini biasanya merayap di dinding atau pohon. Kendati tidak menakutkan seperti tokek, keberadaan cicak di rumah sangat mengganggu kenyamanan.

Bacaan Lainnya

Cicak merayap tidak hanya di dinding, malah ada yang di atap, nah kadang kita juga tentu risih dan khawatir cicak itu pups dan kotorannya menimpa ke makanan. Lebih bahaya lagi jika cicak sendiri jatuh ke dalam makanan kita.

Lalu, sebenarnya apa sih penyebab utama yang mengundang hewan seperti reptil kecil ini ada di rumah kita, apa sebab di rumah banyak cicak ? apakah ada sesuatu yang mereka cari, di rumah kita ?.

Banyak faktor kenapa cicak ada di rumah kita, kami akan mengulasnya satu persatu:

Tanaman

Banyaknya tanaman di rumah kita bukan tanpa alasan bukan. Penyuka tanaman, sengaja menaruh beberapa tanaman agar rumah sejuk, dan estetik. Tanaman memiliki fungsi dekoratif di rumah kita. Makanya di rumah tidak jarang kita temukan beberapa tanaman, baik di depan, bahkan di dalam rumah untuk mendukung suasana dan tampilan rumah luar dalam.

Tetapi tanpa kita sadari, ternyata banyaknya tanaman di rumah kita itu juga dapat mengundang si Cicak. Kenapa bisa begitu ?, yup, karena cicak mencari makanan serangga yang biasa ada di tanaman itu. Dimana ada makanannya di situ ada cicaknya.

Nyamuk

“Cicak-Cicak di dinding diam diam merayap, ada seekor nyamuk, hap lalu ditangkap,”. Lagu ini memang pas, dimana ada nyamuk di situ cicak siap memangsa.

Jika di rumahmu banyak nyamuk udaj dijamin di rumahmu juga bakal ada pemangsa nyamuk, yaitu Cicak. Tahukah kamu nyamuk makanan terpaforit bagi cicak, makanan paling disukai cicak ya nyamuk.

Nah sebenarnya keberadaan cicak di rumah kita dalam situasi banyak nyamuk cukup membantu mengurangi nyamuk-nyamuk nakal di rumah. Tetapi, ya itu tadi, jangan lupa tutup makanan kamu, jangan sampai cicak jatuh di makanan kamu, atau kotorannya jatuh di makanan.

Rumah Dekat dengan Kebun

Jika rumah kita diekitarannta terdapat kebun, atau taman yang luas, cicak sudah dipastikan betah di rumah yang dekat kebun atau taman itu. Sudah barang tentu penyebabnya adalah faktor banyaknya serangga sebagai makanan cicak.

Memang punya taman yang luas di rumah atau kebun membuat suasan rumah semakin asri dan sejuk. Namun itu akan mengundang sang penghuni dinding dan atap rumah.

Cicak akan sangat suka tinggal di rumah dekat kebun, karena di situ bukan hanya satu jenis serangga yang ada, tetapi beragam serangga siap menjadi santapan cicak.

Cicak Juga Butuh Minum, Suka Sumber Air

Coba perhatikan beberapa sumber air di rumah seperti kamar mandi, wastafell, atau mungkin ada saluran keran yang bocor, nah tidak jauh dari situ biasanya cicik yang butuh minum akan bermain. Sama seperti kita, hewan, dan tanaman, cicak juga butuh minum agar keseimbangan tubuhnya terjaga.

Rumah Kotor

Rumah yang malas kita bersihkan, dan kotor akan sangat menjadi tempat pavorit cicak. Salah satu cara lain cicak mencari makanan dengan melakukan agresi misalnya ke sisa-sisa makanan di rumah, yang dimungkinkan banyak serangga terbang di sana.

Cara Mengusir Cicak di Rumah

Hewan rumah seperti nyamuk, kecoa, semut dan cicak keberadaannya sangat menganggu di rumah kita. Meskipun keberadaan cicak membantu menyangap nyamuk nyamuk nakal, namun tetap kita melihatnya sangat jijik.

Bagaimana kita melakukan upaya agar cicak tak nyaman tinggal di rumah kita, berikut beberapa strategi yang bisa kita coba:

Kulit Telur

Kenapa cicak tidak suka terhadap kulit telur? bukan kulit telurnya, pada intinya cicak tidak suka bauan menyengat seperti telur, tapi kita gak perlu memecahkan telur untuk mengusir cicak, telurnya diceplok saja buat makan kita. Nah cukup kulit telur yang kita simpan di beberapa titik yang terlihat selalu ada cicak di umah kita.

Bawang Putih dan Bawang Merah

Bau bawang putih dan bawang merah sangat menyengat, apalagi bawang merah yang disertai perih jika menghisap baunya. Bau kedua bawang ini sangat tidak disukai cicak.

Kopi dan Tembakau

Nah agar makanan kamu di rumah aman dari lalu lalang cicak, kamu bisa menaburkan bubuku kopi atau tembakau di sekitarannta. Ini menjamin cicak tidak berani masuk ke wilayah itu, dia tidak suka baunya. Mungkin bau kopi buat kita memiliki aroma yang khas, tapi tidak buat cicak.

Mambunuh Cicak Dibolehkan Islam

Membnuh cicak dibolehkan menurut ajaran islam bahkan hukumnya sunnah. Hal itu karena sebagain ulama berpendapat kotoran dan bangkai cicak najis.

Cicak juga merupakan hewan musuh Nabi Ibrahim, yang meniup-niup api dalam pembakaran Nabi Ibrahim AS agar api tersebut terus membesar. Hewan melata lain termasuk semut justeru berlomba mematikan api yang membakar Nabi Ibrahim AS, cicak sebaliknya. Cicak juga memiliki sifat munafik dan penghianat.

Islam membolehkan membunuh cicak karena cicak juga sering dijadikan media sihir. Bahkan jin banyak menyerupai hewan melata ini untuk menebar racun di rumah.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.