Sejarah, Jakarta International Stadium Jadi Tempat Salat Idulfitri

Jakarta International Stadium
Salat Idulfitri di Jakarta International Stadium/Net

Jakarta, SAKATA.ID: Pertama kalinya, Jakarta International Stadium (JIS) digunakan untuk salat Idulfitri pada Senin (2/5/2022).

Dalam kesempatan tersebut, hadir langsung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Bacaan Lainnya

Dikutip Kompas, warga mulai berdatangan ke area Salat Ied di JIS sejak pukul 04.00 WIB. Kebanyakan, warga yang datang adalah keluarga ke sana menggunakan kendaraan pribadi, baik mobil, atau motor.

Di pelataran parkir, sejumlah petugas mengarahkan warga untuk menuju sisi barat stadion, tempat digelarnya salat Ied.

Saat sambutan, Anies berbicara tentang momen bersejarah. Ia mengaku, bersyukur bisa menjadi pribadi yang pertama Salat Ied di JIS.

Alhamdulillah, ucap dia, Allah telah mengizinkan Slaat Ied di Jakarta International Stadium di dan di momen yang bersejarah ini.

Menurut Anies, salat Ied tersebut adalah yang pertama kalinya. Serta pihaknya, ujar dia, menjadi pribadi pertama yang menggunakan tempat ini unjuk bersujud (Salat Ied).

Anies mengungkapkan, JIS ini adalah sebuah kemenangan penantian selama 13 tahun, akhirnya Jakarta punya stadium sendiri.

Kemudian, Salat Ied digelar di Jakarta International Stadium ini dilakukan yang pertama kalinya. Anies pun menyampaikan bahwa Jakarta International Stadium yang ada di Jakarta Utara ini adalah sebagai mahakarya.

Sebelumnya, pada Minggu (1/5/2022) malam, digelar Jakarta International Stadium festival bedug pada malam takbiran. Momentum ini pun adalah yang pertama. Setelah dua tahun dilanda pandemi Covid-19.

Anies mengungkapkan bahwa malam takbiran itu adalah momen yang paling ditunggu-tunggu. Lantaran, kata Anies, sudah dua tahun melewati bulan Ramadan dan Idul Fitri, tanpa ada takbiran massal serta tanpa ada kegiatan di masjid.

Ramadan kali ini berbeda, karena kondisi pandemi Covid-19 sudah mulai terkendali. Masyarakat pun dapat berkumpul dan menggelar takbiran di masjid-masjid di seluruh Jakarta termasuk di JIS.

Ada hal menarik dalam kegiatan takbiran massal itu. Di kegiatan ini, Anies Baswedan diteriaki warga yang hadir di lokasi dengan sebutan RI1 hingga ‘pantas menjadi presiden’.

Teriakan itu terlontar setelah Anies Baswedan naik ke panggung. Untuk bernyanyi bersama vokalis Ungu, Pasha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.