BPD di Kabupaten Ciamis Bentuk PABPDSI

Regional, CIAMIS: Badan Permusyawaratan Desa atau BPD di Kabupaten Ciamis membentuk Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI).

Pada Jumat (12/11/2021) Formatur PABPDSI menggelar audiensi, di Opproom Sekretariat Daerah Ciamis.

Bacaan Lainnya

Di dalam audiensi itu, mereka membahas rencana pelaksanaan pelantikan PABPDSI Ciamis yang akan digelar di Hotel Tyara pada 21 November 2021 mendatang.

Selain menyampaikan rencana pelantikan tersebut, pihaknya berencana mengundang Bupati Ciamis Herdiat Sunarya untuk hadir ke acara tersebut.

Abdullah menjelaskan, pelaksanaan pelantikan pada pekan depan itu bertujuan untuk mensinergikan organisasi Forum Komunikasi BPD menjadi PABPDSI.

Diketahui, PABPDSI ini baru dibentuk setahun yang lalu. Sebelumnya, di Kabupaten Ciamis hanya ada Forum Komunikasi BPD. Yang wilayahnya pun hanya mencakup skup di daerah. 

Lantaran kebutuhan jejaring untuk berbagi pengalaman dalam melakukan pembangunan di desa dan formal organisasi BPD sampai ke level nasional, maka dari itu, para BPD di Ciamis membentuk PABPDSI. 

Ia mengungkapkan, PABPDSI bertujuan membangun sinergitas dengan kepala desa dan menopang visi-misi Pemerintah Kabupaten Ciamis. 

Salahsatu cara untuk mencapai itu, PABPDSI Ciamis akan membangun sinergitas dengan lembaga dan forum lain di Tatar Galuh ini. Seperti dibuat dalam ngopi bareng lintas organisasi yang fokus terhadap pembangunan desa di Ciamis. 

Sementara itu, Herdiat pun mendukung inisiasi yang telah dilakukan BPD. Yang pada awalnya bernaung di FK BPD di Kabupaten Ciamis, saat ini ikut bergabung dalam organisasi PABPDSI Nasional.

Herdiat juga mengucapkan terima kasih kepada formatur PABPDSI di Ciamis. Lantaran punya inisitif untuk bersama-sama membangun sinergitas antara aparatur dari level desa sampai ke tingkat kabupaten. 

“Saya sangat mendukung atas inisiasi pembentukan PABPDSI Ciamis. Terutama dalam mengembangkan jejaring dan berbagi keilmuan tentang pengembangan desa,” tegas dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.