Disdukcapil Ciamis Respon Usulan Update KK

Pelayanan pembuatan KK / KTP di Kantor Disdukcapil Ciamis.

Regional, CIAMIS, Sakata.id: Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ciamis merespon usulan update KK ( kartu keluarga) dari Direktur LSM Bina Pandu Mandiri, Didi Ruswendi.

Serketaris Disdukcapil Ciamis Tini Lastiniwati didampingi Kabid PIAK Didin Hardisuryaman, mengatakan, apa yang direkomendasikan LSM Bina Pandu Mandiri itu memang benar, update KK sangat penting, baik untuk masyarakat, maupun untuk kebutuhan data kependudukan pemerintah daerah maupun pusat.

Bacaan Lainnya

“Update KK akan memperlihatkan gambaran kekinian status pendidikan penduduk, pekerjaan, dan perkawinannya. Apa yang dikatakan kang Didi itu memang benar, kami harus melakukan berbagai upaya, untuk mempercepat pembaharuan data penduduk,” kata Tini

Dinas Dukcapil Ciamis telah membuat rancangan pelayanan administrasi kependudukan di tingkat desa. Berkolaborasi dengan desa, menyiapkan tenaga register untuk meng-update data di kartu keluarga.

“Berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan juga akan kami lakukan, termasuk dengan DPMPD menyiapkan tenaga register di tingkat desa. Cuma itu kan nanti honorarium tenaga register tingkat desa harus disiapkan, harus dibahas bersama-bersama, ” kata Tini.

Sejak dulu kata Tini Disdukcapil sudah memiliki mesin pencetak administrasi kependudukan di kecamatan, tetapi belum semua kecamatan yang sudah memiliki mesin pencetak KK dan KTP.

BACA Juga: Kartu Keluarga Tidak Update, S1 belum Lulus SD

Baru 13 kecamatan yang sudah memiliki mesin pencetak KK/KTP. Hal itu untuk mendekatkan layanan administrasi kependudukan di daerah.

“Pengadaan mesin pencetak KK/KTP untuk kecamatan yang belum memiliki juga akan diusulkan. Mudah mudahan mendapat respon baik dari pemerintah, dan alokasi anggarannya terpenuhi,” kata Tini.

Jika semua instrumen berjalan, kolaborasi antar instansi dan pemenuhan sarana dan SDM sampai ke daerah terlaksana, pembaharuan data kependudukan di Ciamis tahun ke tahun bisa lebih cepat tersaji dan lebih akurat. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.