Dukung Pengembangan Domba Garut, Bupati Ciamis: Kalau Perlu Kalahkan Garutnya

Regional, CIAMIS: Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dukung upaya para peternak di Tatar Galuh ini dalam pengembangan Domba Garut.

Bahkan, dia mendorong peternak Domba di Ciamis supaya lebih baik dari Kabupaten Garut.

Bacaan Lainnya

Hal itu Herdiat katakan dalam acara Pelantikan Pengurus Himpunan Peternak Domba dan Kambing Kabupaten Ciamis di Aula Dinas Pendidikan, Rabu (2/2/2022).

“Pemerintah mendukung peternak di Ciamis untuk mengembangkan Domba Garut. Kalau perlu kalahkan Garutnya. Gak ada maslah. Jika memang kita bisa lebih baik,” uajr Herdiat.

Intinya, kata dia, para peternak di Ciamis harus lebih semangat dan lebih fokus. Apabila dilaksanakan dengan baik tentu hasilnya pun akan lebih baik.

“Kalau kita bisa mengelola, untuk ternak Domba, misalnya. Yang lebih terencana, terprogram, dan terukur. Ini prospeknya sangat menjanjikan,” tegas dia.

Ia mengungkapkan Domba maupun Kambing banyak manfaatnya. Dari mulai kepala, daging, sampai kotorannya. Karena itu ia dukung pengembangan domba Garut.

“Tapi itu, yang namanya nyawa harus lebih teliti dalam memeliharanya. Ngurusi domba, kambing, sapi tidak bisa sembarangan. Makanya harus terencana, terprogram dan terukur,” tegas dia.

Dalam kegiatan pelantikan pengurus Himpunan peternak kambing dan domba itu, Herdiat sengaja membawa beberapa kepala satuan kerja eprangkat dinas (SKPD) untuk hadir.

Lantaran, ia menjelaskan, potensi dari kambing dan domba ini harus bisa dimanfaatkan dengan baik. Mulai dari peternakan, pariwisata, hingga pendidikan.

“Dari domba dan kambing saja bisa dimanfaatkan menjadi sesuatu yang menguntungkan. Makanya saya sengaja mengajak OPD lain ke sini. Karena pengelolaan ini harus terintegrasi dengan baik. Mulai sektor peternakan, pariwisata, pendidikan sekalipun,” beber dia.

“Pemkab Ciamis akan dukung pengembangan budidaya ternak domba garut maupun kambing. Bahkan kalau perlu dengan permodalannya kita akan support,” katanya.

Herdiat juga mengungkapkan bahwa kebutuhan konsumtif pangan hewani di Kabupaten Ciamis masih mengalami kekurangan.

Sehingga pengembangan budidaya sumber pangan hewani seperti domba, kambing, dan sapi harus terus dikembangkan.

Selama ini, ungkap Herdiat, Ciamis masih tergantung dengan pasokan dari luar daerah. Sehingga perlu perlu peningkatan dalam skala perluasan budidaya pangan hewani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.