Harga Sayuran di Pasar Manis Ciamis Naik Capai 100 Persen

Harga sayuran di Pasar manis
Harga Sayuran di Pasar Manis Ciamis Naik 100 Persen/SAKATA.ID

Regional, CIAMIS: Harga sejumlah komoditas sayuran yang ada di Pasar Manis Ciamis dalam beberapa hari terus mengalami kenaikan hingga 100 persen.

Akibatnya, cukup merepotkan para pedagang di sana. Karena harga yang mahal, pedagang pun harus menambah modal usahanya.

Bacaan Lainnya

Menurut seorang pedagang sayuran di Blok F Pasar Manis Ciamis, Jajang, hanya dalam beberapa hari harga-harga sejumlah komoditas sayuran terus mengalami kenaikan.

Kenaikannya pun sudah mencapai 100 persen jika dibandingkan dengan harga dari beberapa pekan sebelumnya.

Komoditas yang mengalami kenaikan sangat tinggi adalah cabe rawit domba. Pada Selasa (21/6/2022) harganya mencapai Rp120 ribu per kilogram.

“Kenaikan harga yang paling tinggi, Cabe Rawit Domba. Pada hari ini sudah mencapai Rp120 ribu kilogramnya,” kata dia.

Padahal, kata Jajang, sebelum mengalami kenaikan, harga cabe rawit domba yang dijual di kiosnya hanya berkisar Rp60 ribu hingga Rp 70 ribu per kilogram.

Kemudian harga sayuran lain di Pasar Ciamis yang mengalami kenaikan adalah cabe rawit jenis biasa. Awalnya Rp75 ribu per kilogram. Sekarang sekitar Rp100 ribu per kilogram.

“Selain cabe rawit domba, komoditas sayur yang alami kenaikan adalah cabe rawit biasa. Tadinya Rp75 ribu per kilogram saat ini sudah mencapai Rp100 ribu per kilogram,” ucap Jajang.

Dia mengungkapkan, jenis cabe lain. Yakni cabe merah. Lalu sayuran lain seperti bawang merah, tomat pun sama harganya melonjak naik.

“Untuk saat ini, saya jual harga cabe merah dengan harga Rp100 ribu per kiligram. Padahal, semula Rp80 ribu per kilogramnya,” jelas dia.

Sedangkan untuk harga bawang merah di kisaran Rp58 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp32 ribu per kilogramnya.

Harga Tomat sendiri mengalami kenaikan 100 persen. Uang tadinya Rp10 ribu per kilogram saat ini dijual Rp20 ribu per kilogramnya,” terang dia.

Jajang melanjutkan, kenaikan harga sejumlah komoditas sayuran di Pasar Manis Ciamis saat ini sangat memberatkan para pedagang. Karena kenaikanya sangat tinggi jika dibandingkan dengan kenaikan saat menjelang Hari Raya Idul Fitri kemarin.

“Padahal, saat menjelang Idul Fitri kemarin. Kenaikan harga sayuran tidak seperti sekarang. Malahan, cenderung stabil,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.