Hujan Deras di Ciamis, Terjadi Longsor dan Pohon Tumbang

Regional, CIAMIS: Hujan deras disertai angin kencang terjadi di Kabupaten Ciamis, Rabu (8/12/2021) membuat pohon tumbang dan sejumlah lokasi longsor.

Pohon besar yang berada tidak jauh dari Kantor Kepala Desa Baregbeg, Ciamis tumbang pada sore hari.

Bacaan Lainnya

Lantaran pohon menutup Jalan Nasional Kawali-Ciamis membuat lalu lintas di jalur tersebut macet.

Berdasarkan laporan sementara dari Ketua Taruna Siaga Bencana atau Tagana pohon tumbang terjadi di beberapa titik. Yakni, di Jalan Raya Baregbeg, Jalan Raya Pamalayan-Cijeungjing, Jalan Kujang Cikoneng dan di Jalan Ahmad Yani.

Ade mengungkapkan, jenis pohon yang tumbang mayoritas adalah Trembesi. Diduga, pohon tersebut tidak kuat menahan terpaan angin kencang saat hujan deras di Ciamis, sore tadi.

Selain mengakibatkan pohon tumbang, intensitas hujan yang tinggi juga membuat longsor di sejumlah lokasi. Seperti di Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis.

Tembok penahan tanah (TPT) sepanjang 20 meter dengan tinggi 5 meter ambruk di halaman Kantor Kecamatan Cimaragas ambruk.

Camat Cimaragas, Dadang Heryana menjelaskan kronologis kejadian. Menurutnya, pada hari Rabu tanggal 8 Desember 2021 sekitar pukul 16.30 sd 18.00 WIB., di Wilayah Kecamatan Cimaragas, Ciamis diguyur hujan deras.

Hujan dengan intensitas tinggi berlangsung dalam waktu sekira 1 jam. “Terjadilah pererakan tanah di Dusun Sirnarasa RT 1 RW 5 . Mengakibatkan benteng penahan tanah halaman kantor Kecamatan Cimaragas ambruk. Sepanjang kurang lebih 20 meter tinggi 5 meter,” kata dia.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun, ada ketugian materil yang masih dihitung oleh pihak yang berwenang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.