Kampung Ikan Cupang Maleber, Jadi Sentral Peternak Cupang

Kampung Ikan Cupang Maleber
Salah satu jenis ikan cupang di Kampung Ikan Cupang Maleber. foto:sakata.id.

REGIONAL, CIAMIS:- Kampung Ikan Cupang Maleber, akan menjadi sentral dimana penggemar dan peternak ikan cupang berkumpul di kampung tersebut dalam satu lingkungan.

Para pecinta ikan cupang semakin berkembang dari berebagai kalangan dan usia. Tak heran kemudian banyak penggemar yang kemudian menjadi peternak untuk mengembangbiakan dan membuka tempat jual ikan cupang.

Bacaan Lainnya

Ikan Cupang adalah ikan yang biasa hidup di rawa-rawa dangkal. Habitatnya banyak di Indonesia juga beberapa negara di Asia Tenggara.

BACA JUGA: Jual Ikan Cupang ke Cikoneng Pulang Bawa Motor Matic

Tahun 1980-an ikan ini sebenarnya lebih dikenal sebagai ikan adu di Indonesia. Ikan Cupang memang dalam peliharaan selalu dibiarkan hidup sendiri di dalam aquarium kecil atau toples kaca, begitu agresif ketika melihat ikan sejenisnya.

Pada saat naluri bertarung Ika cupang terusik itulah momen indah, dimana sirip-siripnya mengembang berkibar seperti bendera, dan kelopak insang terbuka seperti ular Kobra. Warnanya semakin menyala.

Terlebih ketika si Cupang melakukan manuver, berenang seperti tarian minimalis. Momentum indah itulah kemudian belakang ikan adu ini lebih difungsikan sebagai ikan hias. Ikan ini semakin menawan ketika sedang garang. Tak heran jika kemudian ada jenis ikan aduan terganas.

Penggemar ikan Cupang sebelumnya didominasi anak-anak. Namun kini banyak orang dewasa menjadi penggemarnya bahkan membudidayakan ikan cupang sebagai matapencaharian. Sehingga mengoleksi lebih dari satu bahkan bisa samapi puluhan toples atau aquarium bulat ikan cupang atau aquarium ikan cupang sekat.

Lounching Kampung Ikan Cupang Maleber

Tepatnya di Lingkungan Kedung Panjang Kelurahan Maleber Kec/Kab. Ciamis Jawa Barat, para pecinta dan peternak ikan cupang akan mendeklarasikan Kampung Ikan Cupang.

Salah satu penggagas yang juga pehobi Cupang Adi Nurdina mengatakan, di lingkungannya sudah banyak yang menggemari ikan berjuluk si kecil yang garang dan mempesona. Naman-nama ikan cupang pun benyak. Nama juga biasanya identik dengan jenis-jenis ikan cupang dan ciri-cirinya.

Misalnya jenis ikan cupang giant, atua jenis ikan cupang koi. Kabarnya jenis ikan cupang ini merupakan jenis ikan cupang yang mahal.

” Pengoleksi bahkan pelaku budidaya ikan cupang semakin banyak, saya saja punya 30 cupang di rumah,” kata Adi, Selasa (25/8/2020).

Sebelumnya adi hanya hoby dengan pelihara ikan koi, namun ternyata dia kepincut juga pada ikan kecil nyentrik penuh gaya. Atau jenis ikan cupang petarung yang dia suka.

Kemudian tetangga-tetangganya juga ternyata punya banyak koleksi cupang.

Dari sekadar hoby, kata Adi, ternyata juga memiliki nilai bisnis yang lumayan. Ikan yang dia pelihara, juga kadang banyak ditawar dan dijual.

Harga ikan cupang bervariasi mulai Rp50 ribu, Rp200 ribu, harg ikan cupang termahal bisa mencapai penawaran hingga jutaan rupiah. Biasanya harga ditentukan oleh warna ikan cupang langka, atau ukuran ikan cupang terbesar.

Cara Memberi Makan Ikan Cupang, di Kampung Ikan Cupang Meleber

Memelihara atau jadi peternak Ikan Cupang, gampang-gampang susah. Gampang karena tidak perlu tempat yang luas, susah airnya harus rutin diganti, dan makanan ikan cupang bukan makanan buatan.

Makanan ikan cupang agar cepat besar antaralain Cacing Sutra atau jentik nyamuk. Berbeda dengan makanan ikan hias lainnya yang sudah tersedia dengan makanan ikan bentuk kemasan. Tapi cacing sutra bisa kamu dapat di tempat jual makanan ikan cupang.

Untuk memenuhi kebutuhan pakan ikan cupang, pemilik harus cari jentik nyamuk ke got-got. Atau cari cacing kecil yang lembut.

Kamu harus cari solusi cara cepat mendapatkan bayi nyamuk untuk santapan Cupang. Salah satunya dengan membuat penyarangan jentik nyamuk.

Membuat Genangan Jentik Nyamuk Pakan Ikan Cupang Ala Kampung Ikan Cupang Maleber

Ikan cupang sama seperti ikan sepat pemakan jentik nyamuk. Tentu bukan hal mudah mencari jentik untuk stok makanan ikan cupang cantik di rumahmu. Tidak semua got bisa ditemukan banyak jentik.

Karenanya membuat penampungan jentik menjadi salah satu solusi untuk menyediakan stok pakan ikan.

Berbeda dengan pencegahan nyamuk demam berdarah, sarang jentik harus dimusnahkan. Bagi penggemar cupang justeru itu yang dicari.

Penampungan jentik nyamuk khusus tidak akan berbahaya. Karena jentik setiap hari diambil untuk makanan ikan.

Agar jentik tidak menjadi nyamuk bak penampungan ditutup rapat. Agar penampungamu banyak berkembang biak jentik, genangan itu dicampur dengan sayuran yang sudah tidak layak konsumsi, seperti cousin, sawi, dan model sayuran lainnya.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.