Pelatihan Tanggap Bencana di Pamarican, Kabupaten Ciamis

Pelatihan tanggap bencana di pamarican
Pelatihan Tanggap Bencana di Desa Sukajadi, Kecamatan Pamarican/SAKATA.ID

Regional, CIAMIS: Pelatihan tanggap bencana digelar di Pemerintah Desa Sukajadi, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Rabu (8/12/2021).

Pelaksananya adalah Pemerintah Desa Sukajadi. Diikuti oleh 40 peserta dari berbagai organisasi dan perangkat desa.

Bacaan Lainnya

Kepala Desa Sukajadi Haiz Azka mengungkapkan bahwa kegiatan Pembinaan, dan Pelatihan Tanggap Bencana Pamarican ini bertujuan untuk melatih para kepala dusun, Anggota BPD, Linmas, Karang Taruna, dan Banser.

Mereka adalah relawan dalam kesiapsiagaan bencana di Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Pelatihan dilaksanakan di Aula Balai Desa Sukajadi, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis.

Haiz Azka mengatakan, pembinaan dan pelatihan tanggap bencana diikuti oleh sebanyak 40 peserta, yang terdiri dari Kepala Dusun, Anggota BPD, Linmas, Karang Taruna, dan Banser.

Dia berharap, dengan kegiatan Pembinaan dan Pelatihan ini dapat meningkatkan kapasitas relawan dalam melaksanakan penindakan bencana.

“Kami menghadirkan narasumber pada kegiatan ini. Berasal dari Petugas Damkar POS WMK Banjarsari, dan Taruna Siaga Bencana atau TAGANA Kabupaten Ciamis,” kata Haiz Azka.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Umum Kecamatan Pamarican Saepudin, S.Ip., yang dalam hal ini mewakili Camat Pamarican, menghimbau kepada para Relawan Desa Sukajadi, untuk selalu tanggap ketika menghadapi bencana.

Serta, dia berharap, para relawan ini dapat membantu korban dengan ikhlas. Pelatihan tanggap bencana di Pamarican ini pun hasilnya baik.

“Relawan Bencana Desa, harus memahami mitigasi bencana. Sebab, bencana tidak hanya muncul karena faktor alam saja,” ujar dia.

Tetapi, lanjutnya, bencana juga ada yang non alam dan bencana sosial. Serta dalam penanganannya merupakan tanggung jawab bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.