Pentas Seni Padepokan Pencak Silat Tajurhalang Kopeah Beureum

  • Whatsapp

Regional, CIAMIS: Padepokan Pencak Silat Tajurhalang Kopeah Beureum di Desa Kujang, Keca Cikoneng, Ciamis menyelenggarakan pentas seni, Jumat (27/8/2021).

Peserta Pencak Silat ini mulai dari anak-anak usia dini, anak remaja, anak pemuda sampai ke penampilan peserta yang berusia tua.

Bacaan Lainnya

Meski di tengah Pandemi, seluruh pengunjung yang hadir dan peserta senantiasa melaksanakan anjuran protokol kesehatan yang ketat.

Pimpinan Padepokan Tajurhalang Kopeah Beureum Andi menyampaikan, terima kasih kepada Kepala Desa Cijulang. Yang telah mengenalkannya pada fasilitator daerah. Sehingga terjadi sinergitas antar Kementerian/Lembaga Abdul Haris.

Andi menyampaikan bahwa Abdul Haris mengatakan dapat memfasilitasi dengan Kementerian Sosial agar Padepokan Seni Pencak Silat Tajurhalang agar diusulkan untuk mendapat bantuan Riflok (kearifan lokal) berupa dana sebesar Rp50 juta.

Dana tersebut, kata Andi, untuk dibelikan kebutuhan Pencak Silat di Desa Kujang, Cikoneng, Kabupaten Ciamis.

Sementara, Abdul Haris mengungkapkan, ia sebagai fasilitator sinergis antar kementerian menyampaikan tujuan utama adanya bantuan Riflok.

Menurutnya, bantuan itu diusulkan agar generasi muda mencintai dan mengenal seni Pencak Silat sebagai peninggalan budaya para leluhur.

“Kita harus mengenalnya, memeliharanya, dan mengembangkannya. Agar lebih diminati oleh generasi milenial di Desa Kujang maupun di luar,” ujar Abdul Haris.

Pentingnya Kenal Pencak Silat

Di samping itu, lanjut dia, pentingnya mengenal padepokan yang mengembangkan budaya lama agar masyarakat tidak mudah terpengaruh oleh budaya barat maupun budaya timur.

“Masyarakat tidak mudah tersulut oleh hoaks, narkoba, mabuk-mabukan, bahkan lebih bahaya kalau ada yang terpapar benih radikal atau terorisme,” ujar dia.

Kades Cijulang Ivan Jalaludi menyampaikan dalam sambutannya, apabila tidak ada fasilitas daerah dan sinergitas. Maka secara yuridis maupun administrasi padepokan tidak akan mendapat bantuan alat kesenian Riflok.

“Tetapi karena ketemu dengan fasda Ciamis. Maka alhamdulillah dapat bantuan alat musik Riflok. Sudah diterima oleh keluarga padepokan,” ujarnya.

Setelah sambutan selesai, dilanjutkan dengan peresmian bantuan alat kesenian Riflok yang ditandai dengan pemukulan gong. Disaksikan oleh Abdul Haris dan Ivan Jalaludin.

Sebagai tanda peresmian Padepokan Pencak Silat Tajurhalang Kepala Bidang Sosial Aris Munandar memukul gong secara sombolis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *