Sebelas Siswa MTS di Ciamis Tenggelam di Sungai Cileueur

  • Whatsapp
Sebelas siswa mts di ciamis tenggelam
Evakuasi Korban Tenggelam, Siswa MTs Harapan Baru Cijantung di Sungai Cileueur, Kabupaten Ciamis/Istimewa

Regional, CIAMIS: Sebanyak 11 orang siswa Madrasah Tsanawiyah atau MTs Harapan Baru Cijantung di Kabupaten Ciamis meninggal dunia karena tenggelam.

Peristiwa tenggelamnya para siswa itu terjadi di Sungai Cileueur, Blok Leuwi Ili, Desa Utama pada hari Jumat 15 Oktober 2021, saat kegiatan susur sungai.

Bacaan Lainnya

Dari data yang didapat SAKATA.ID, dari 11 siswa yang meninggal dunia, tiga orang berjenis kelamin perempuan dan delapan orang laki-laki.

Para korban berhasil dievakuasi jasadnya dari dasar Leuwi/sungai tepat di Dusun Wetan RT 01 RW 01 Desa Utama, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis.

Satu korban terakhir yang berhasil ditemukan sekitar pukul 20.11 WIB., berjenis kelamin perempuan.

Ke 11 korban meninggal dunia dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Ciamis.

Selain 11 siswa, ada dua orang guru. Mereka yang bertugas sebagai pembina dalam kegiatan susur sungai MTs Harapan Baru Cijantung, Kabupaten Cianis tersebut.

Kedua guru ini juga dilaporkan tenggelam. Saat ini, para pembina kegiatan pramuka itu sedang dirawat di ICU dan satu orang lagi dirawat di IGD RSUD Ciamis.

Kronologis Siswa MTs di Ciamis yang Tenggelam

Berdasarkan laporan dari pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis, kegiatan susur sungai tersebut dilaksanakan seusai pelaksanaan salat Jumat, sekitar pukul 13.30 WIB.

Sejumlah siswa bersama para guru dari sekolah MTS Harapan Baru Cijeungjing melakukan susur sungai. 

Saat hendak melewati jalur yang menjadi rute penjelajahan, yakni di Blok Leuwi Ili Dusun Wetan RT 01 RW 01 Desa Utama, Kecamatan Cijeungjing, beberapa siswa ada yang berhasil melintasinya. 

Namun nahas, bagi para siswa yang tidak berhasil melintasi Sungai Cileueur tersebut, mereka tenggelam, mengingat dalamnya dasar Leuwi Ili Sungai Cileueur ini. 

Saat ini, terlihat Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra dan Sekretaris Daerah Ciamis Tatang berada di RSUD Ciamis untuk melihat kondisi korban.

Keterangan Basarnas

Kepala Badan Search and Rescue (Basarnas) Bandung Deden Ridwansah mengatakan, pihaknya menerima informasi kejadian tersebut pada pukul 17.20 WIB.

Bahwa sejumlah siswa MTs Harapan Baru Cijeungjing di Ciamis tenggelam saat tengah melakukan susur sungai.

Dari laporan ada, 150 orang siswa dan siswi yang mengikuti kegiatan tersebut, kemudian total korban yang terseret arus sungai ada 21 orang.

Dari hasil operasi SAR yang dilakukan tim gabungan, ada 11 korban meninggal dunia dan sudah berhasil dievakuasi. 

Sedangkan 10 orang lainnya berhasil diselamatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *