Tingkatkan SDM Kehumasan, PDAM Tirta Galuh Ciamis Gelar Pelatihan Jurnalistik

PDAM Tirta Galuh Ciamis
PDAM Tirta Galuh Ciamis Gelar Pelatihan Jurnalistik/SAKATA.ID

Regional, CIAMIS: Perusahaan Daerah Air Minum atau PDAM Tirta Galuh Kabupaten Ciamis menggelar pelatihan jurnalistik untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di Bidang Kehumasan.

Ketua Pelaksana pelatihan ini, Rahmat Taofik mengungkapkan bahwa kegiatan diikuti oleh SDM Humas Cabang Perusahaan Umum Daerah (Perumda) PDAM Tirta Galuh se-Kabupaten Ciamis.

Bacaan Lainnya

Acara pada Minggu (17/2022) kemarin, digelar di Aula Kantor PDAM Tirta Galuh. “Kegiatan ini, untuk meningkatkan pengetahuan terkait kehumasan,” ujar Rahmat.

Menurut dia, para peserta pelatihan Jurnalistik ini diberikan materi kehumasan umum, Undang-Undang Pers, dan public speaking.

Puluhan peserta itu diarahkan agar memahami jurnalistik dasar, mengenal berita, penulisan berita, jurnalistik foto, dan terkait dengan periklanan.

Ada tiga pemateri dalam kegiatan itu, kata Rahmat Taofik. Yakni Aep Saefullah selaku wartawan senior di Ciamis memberikan materi kehumasan umum, public relation, dan Undang-Undang Pers.

Kemudian, pemateri kedua adalah Host Presenter Bandung TV, Hazna Fairuz Salsabila. Ia memberikan materi Publik Speaking.

Dan pemateri terakhir adalah Pemimpin Redaksi SAKATA.ID, Deni Hamdani. Dia memberikan materi jurnalistik dasar, mengenal berita, teknik pemotretan dan pembuatan keterangan foto, strategi iklan pengumuman/pemberitahuan.

Sementara itu Direktur PDAM Ciamis Drs Cece Hidayat mengatakan bahwa dalam menyampaikan informasi diakui masih jadi kekurangan SDM di Perumda ini.

Sehingga seringkali menimbulkan kesalahfahaman dari para pelanggan.

Maka kegiatan pelatihan jurnalistik dan kehumasan ini menjadi bagian penting untuk meningkatkan kapasitas SDM kehumasan di Perumda PDAM Tirta Galuh Ciamis.

Perlu diingat, kata dia, informasi yang tidak tersampaikan dengan baik terkadang bisa memunculkan salah faham.

“Bahkan bukan hanya dari pelanggan. Kadang yang bukan pelanggan juga ikut komplain karena ketidaktahuan terhadap informasi yang sebenarnya,” kata Cece.

Dia berharap, sekecil apapun informasi di tingkat cabang bisa tersampaikan dengan baik, dengan berbagai metode yang bisa dipetik dari pelatihan ini.

Ia menegaskan, penyampaian infomasi juga merupakan bagian dari peningkatan pelayanan terhadap pelanggan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *