4 Wisata Air Terjun Eksotik di Ciamis

Wisata Air Terjun
Salah satu tempat wisata air terjun di Cimaragas Ciamis.

SAKATA.ID : Wisata air terjun di Ciamis wajid menjadi list penyuka traveling yang belum pernah berkunjung.

Wisata air terjun di Kabupaten Ciamis Jawa Barat tida hanya satu, terdapat banyak air terjun yang eksotis.

Bacaan Lainnya

Diantara sekian bayak air terjun atau sering disebut Curug, di Ciamis, ada empat yang sudah dibanyaki pengunjung dan menjadi andalan Desa Wisata.

Berikut  4 Wisata Air Terjun di Ciamis yang perlu kamu tahu :

BACA JUGA : Curug Batu Mahpar, Wisata Air Terjun di Kaki Gunung Galunggung

1. Curug Kembar Raksabaya

Bertempat di Desa Raksabaya, Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis, wisata Curug Kembar terbilang belum lama dikelola pemerintahan desa. Mendukung program Desa Wisata Jabar, akses menuju curug, dan beberapa tempat di sekitaran pun telah direkayasa dengan menyediakan beberapa fasilitas berwisata.

Pengunjung tidak hanya menikmati eksotisme alam dengan bermain air di bawah yang terjun, tetapi bisa juga berfoto selfie di spot yang sudah direkayasa secara artistik oleh pengelola.

Bagi pengunjung yang datang secara berkelompok dengan teman atau keluarga, juga bisa memesan Nasi Liwet khas Sunda, dan makan bersama beralas tikar di bawah rindang pepohonan.

2. Curug Cigembat Tanjungsari

Curug ini melintasi hutan milik PT. Perhutani. Terletak di Desa Tanjungsari, Kecamatan Sadananya. Menuju Curug Cigembat Tanjungsari pengunjung sudah dimanjakan dengan panorama pesawahan, air sungai yang jernih, hutan karet, dan barisan pohon Pinus.

Air Terjun Cingembat

Bekerjasama dengan Perhutani Pemerintah Desa mulai melakukan pengelolaan destinasi wisata desa. Dengan melakukan perluasan akses menuju curug.

Meski belum dikelola secara propesional, namun wisata ini sudah banyak dikunjungi oleh pengunjung lokal Kabupaten Ciamis.

Dari Terminal Bus Ciamis menuju lokasi berjarak sekitar 12 KM.

3. Curug Seda Cihaurbeuti

Eksotisme Air Terjun Seda di Desa Padamulya Kecamatan Cihaurbeuti ini sempat terendus bahkan pernah dikunjungi wisatawan asing dari Australia.

Air Terjun Seda

Curug Seda memliki keunikan tersendiri karena diantara curug utama ada curug pelangi yang lebar yang turun dari dinding batu yang memanjang.

Areal hutan dan perbukitan di sekitar Curug juga sangat strategis bagi pengunjung yang ingin berbagi waktu dengan alam. Terlebih di saat malam dari bukit Padamulya bisa melihat keindaha lampu-lampu kota di bawahnya.

Pemerintah Desa setempat sedang berpaya mengoptimalkan penataan kawasan wisata air terjun tersebut.

4. Curug Tujuh Cibolang Panjalu

Curug ini sudah lama terkena dan menjadi tujuan berwisata di Kabupaten Ciamis. Tempatnya di bawah kaki Gunung Sawal Desa Sandingtaman Kecamatan Panjalu.

Penyebutan Curug Tujuh karena terdapat 7 air terjun yang mengalirkan air ke dua sungai, yakni Sungai Cibolang dan Sungai Cimantaja.

Air terjun ini tidak hanya menyajikan keindahan, tetapi menyimpan cerita rakyat, dan airnya dipercaya dapat mengobati penyakit rematik, encok, dan penyakit kulit. (S-02)**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.