6 Skill untuk Menjadi Freelancer yang Paling Banyak Dibutuhkan

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

BISNIS, Sakata.id:- Menjadi seorang freelancer memang cukup diminati karena memiliki jam kerja yang fleksibel, skill untuk menjadi freelancer yang paling banyak dicari saat ini di antaranya desain grafis, content writer, voice over, dan lain-lain.

Freelancer sendiri merupakan seorang yang melakukan pekerjaan secara individu tanpa terikat dengan sebuah perusahaan dan jam kerja, namun memiliki keahlian atau skill tertentu.

Bacaan Lainnya

Dulu bekerja sebagai freelancer sering dianggap sebelah mata karena tidak memiliki penghasilan tetap seperti karyawan di perusahaan.

Tapi, seiring berkembangnya jaman dan teknologi, kini freelancer mulai menyita perhatian dan banyak orang beralih pekerjaan menjadi seorang freelancer.

Berikut ini akan membahas tentang skill untuk menjadi freelancer yang paling banyak dicari dan tergolong berpendapatan tinggi.

Skill untuk Menjadi Freelancer

Semakin pesatnya kemajuan teknologi membuat semua orang dapat berkesempatan mencari penghasilan melalui dunia digital.

Berikut ini beberapa skill untuk menjadi freelancer dengan pendapatan yang lumayan dan paling banyak dibutuhkan.

Desain Grafis

Desain grafis menjadi skill paling umum yang dibutuhkan untuk menjadi seorang freelancer, saat ini jasa desain grafis sangat dibutuhkan oleh berbagai bidang bisnis.

Menjadi desainer grafis di sebuah perusahaan memang memiliki gaji tetap dan terikat dengan jam kerja, menjadi desainer grafis secara freelancer akan bisa menjadi pilihan bagi yang ingin memiliki jam kerja yang fleksibel.

Menjadi seorang freelancer desainer grafis juga berpeluang mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi bahkan berkali-kali lipat.

Terutama saat mendapat project dan klien dari luar negeri dengan penghasilan dolar untuk mendapatkan klien dari luar bisa bergabung dengan situs freelancer seperti Fiver, Upwork, 99designs, Dribbble, dan lain-lain.

Untuk mempelajari keahlian desain grafis Anda bisa mulai belajar dengan menggunakan beberapa software seperti Coreldraw, Photoshop, Canva, dan yang sejenisnya.

Jika sudah mahir dan dirasa mampu mengambil sebuah project Anda bisa mulai menawarkan jasa desain grafis melalui platform freelancer di atas.

Content Writer dan Copywriter

Memiliki hobi menulis bisa Anda jadikan sebagai skill untuk menjadi freelancer, saat ini banyak perusahaan dan bisnis yang membutuhkan jasa satu ini.

Tidak jarang juga beberapa perusahaan memberikan harga yang cukup tinggi untuk membuat konten promosi dan artikel di websitenya.

Seorang content writer dan copywriter biasanya akan mengerjakan sebuah project sesuai dengan permintaan klien atau pelanggannya.

Untuk menjadi seorang content writer dibutuhkan kemampuan menulis dengan baik dan untuk menjadi seorang copywriter dibutuhkan keahlian merangkai kalimat persuasif untuk tujuan promosi sebuah produk.

Digital Marketing

Kemajuan teknologi juga mempengaruhi dunia marketing, saat ini digital marketing menjadi strategi pemasaran yang dinilai paling efisien untuk mendapatkan pelanggan baru.

Umumnya yang membutuhkan jasa digital marketing adalah perusahaan-perusahaan besar yang ingin mempromosikan produk barunya.

Tidak jarang beberapa bisnis dengan skala menengah juga membutuhkan jasa digital marketing untuk menunjang keberlangsungan bisnisnya.

Untuk memiliki keahlian dalam digital marketing Anda perlu menguasai berbagai strategi pemasaran secara online, seperti email marketing, search engine marketing, sosial media marketing, dan berbagai strategi digital marketing lainnya.

Website Designer

Berbagai bidang bisnis membutuhkan website sebagai media promosi, penjualan produk, dan meningkatkan kredibilitas bisnisnya, maka tidak heran banyak bisnis yang membutuhkan jasa website designer.

Untuk menjadi seseorang website designer Anda perlu belajar kemampuan dasar-dasarnya, seperti CSS, HTML, dan Javascript memang tidak mudah tapi jika Anda memiliki tekad yang kuat bukan hal sulit untuk mempelajarinya.

Penerjemah

Bagi Anda yang memiliki kemampuan berbahasa asing menjadi penerjemah secara freelance bisa menjadi pekerja yang tepat, biasanya kemampuan menerjemahkan bahasa Inggris dan Mandarin banyak dibutuhkan oleh perusahaan di Indonesia.

Biasanya perusahaan yang berhubungan dengan konsumen dan suplier dari luar negeri membutuhkan jasa penerjemah untuk membantu pekerjaan mereka.

Voice Over

Voice over merupakan suatu teknik produksi yang menggunakan suara untuk digunakan dalam pembuatan film, iklan, dan jenis video lainnya.

Tujuan digunakan voice over untuk iklan atau video komersial ialah memberikan informasi tambahan mengenai suatu produk atau layanan yang di promosikan.

Selain itu, voice over juga digunakan pada film dan serial animasi untuk mengisi dialog dan memperkuat karakter tokoh di dalamnya.

Jika Anda memiliki suara yang khas, pelafalan kata yang jelas, memahami intonasi dan tempo saat berbicara menjadi seorang voice over artist menjadi pekerjaan freelancer yang tepat.

Jika Anda tidak memiliki salah satu skill untuk menjadi freelancer di atas tidak perlu berkecil hati karena masih banyak kemampuan lain yang bisa ditawarkan untuk menjadi Freelancer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *