Tips Memilih Asuransi Pendidikan Terbaik untuk Anak

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
ilustrasi

BISNIS, Sakata.id:- Pendidikan anak menjadi hal terpenting, oleh karena itu para orang tua perlu mempersiapkannya secara matang dengan mengetahui tips memilih asuransi pendidikan terbaik untuk anak, yang akan dibahas kali ini.

Biaya pendidikan saat ini tergolong cukup besar, untuk itu orang tua sebaiknya mempersiapkan biaya pendidikan mereka sedini mungkin.

Bacaan Lainnya

Asuransi pendidikan biasanya dipilih sebagian besar orang tua untuk menjamin pendidikan sang anak, agar dikemudian hari tidak mengalami kendala biaya pendidikan saat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Meskipun produk asuransi pendidikan menawarkan segala kemudahan dan iming-iming yang menggiurkan, namun orang tua perlu berhati-hati sebelum membeli sebuah produk asuransi pendidikan.

Pastikan untuk memilih produk asuransi pendidikan terbaik dan paling tepat untuk menjamin pendidikan sang buah hati.

Tips Memilih Asuransi Pendidikan

1.Hitung Biaya Pendidikan yang Dibutuhkan

Tips memilih asuransi pendidikan pertama yaitu sebelum memutuskan untuk menggunakan produk asuransi pendidikan dari suatu perusahaan yang sesuai.

Orang tua perlu menentukan seberapa besar biaya pendidikan yang dibutuhkan sang anak nantinya.

Semua aspek biaya perlu dihitung dengan matang dan terperinci, perkirakan seberapa besar biaya yang nanti akan dikeluarkan untuk biaya pendidikan anak.

Namun jangan lupa juga untuk memperhitungkan seberapa besar inflasi yang akan terjadi agar nilai asuransi yang direncanakan saat ini bisa mengimbangi kenaikan biaya pendidikan di masa mendatang.

2. Ukur Kemampuan Finansial

Setelah mengetahui seberapa besar perkiraan biaya pendidikan secara keseluruhan, tips memilih asuransi pendidikan selanjutnya yaitu para orang tua harus mengukur kemampuan finansial mereka.

Berapa besaran jumlah uang yang bisa disisihkan setiap bulan perlu diperhatikan karena untuk membayar premi produk asuransi pendidikan bukanlah nilai yang kecil.

Pastikan kondisi finansial mencukupi untuk membayar asuransi pendidikan tiap bulannya, jangan sampai mengorbankan kebutuhan pokok yang sangat penting.

Atau malah pergi mencari pinjaman uang untuk membayarnya, perlu diingat bahwa asuransi pendidikan termasuk produk asuransi jangka panjang.

Jangan sampai pembayaran premi tiap bulan mengganggu kondisi finansial keluarga dan berhenti di tengah jalan.

3. Memiliki Perusahaan Asuransi dengan Cermat

Tidak semua perusahaan asuransi dapat dipercaya dan memiliki track record yang baik, sehingga perlu pintar-pintar memilih produk asuransi pendidikan dari suatu perusahaan.

Memang setiap perusahaan asuransi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tapi para orang tua harus bisa menimbang perusahaan asuransi mana yang sesuai untuk kebutuhan.

Untuk bisa memilih produk asuransi pendidikan terbaik diperlukan riset tersebut dulu untuk mengetahui latar belakang perusahaan dan seperti apa ulasan para pelanggannya.

Sebaik tidak perlu buru-buru dalam memilih, lakukan dengan sangat teliti dan hati-hati agar tidak merasa menyesal di kemudian hari.

4. Periksa Persyaratan dan Ketentuannya

Tips memilih asuransi pendidikan terbaik selanjutnya yaitu memeriksa persyaratan dan ketentuan yang diberlakukan dalam produk asuransi tersebut.

Akan lebih baik jika memahami terlebih dulu syarat dan ketentuan yang mereka ajukan dan memahami apa saja yang akan menjadi hak dan kewajiban pelanggan dari perusahaan tersebut.

Pastikan juga nilai premi, durasi asuransi, dan besaran uang pertanggungan sesuai dengan kesepakatan sebelumnya.

Jenis Asuransi Pendidikan untuk Anak

Saat ini ada dua macam jenis asuransi pendidikan yakni asuransi dwiguna dan asuransi unit link, berikut penjelasannya.

Asuransi Pendidikan Dwiguna

Asuransi pendidikan dwiguna atau endrowment merupakan produk asuransi gabungan dari asuransi jiwa dengan instrumen pasar uang.

Pihak perusahaan asuransi akan menjamin biaya pendidikan sang anak jika orang tuannya tidak bisa lagi bekerja karena meninggal dunia atau mengalami cacat total akibat kecelakaan atau kejadian lainnya.

Untuk hasil instrumen di pasar uang biasanya akan memberikan nilai keuntungan yang pasti dan bisa dicairkan dan besarannya sesuai dengan kontrak untuk disepakati sebelumnya.

Asuransi Pendidikan Unit Link

Asuransi pendidikan unit link adalah proses asuransi gabungan dari asuransi jiwa dan investasi, premi yang dibayarkan setiap bulan akan memproteksi pendidikan anak.

Serta akan dikelola untuk produk investasi seperti reksa dana, keuntungan dari investasi tersebut akan diberikan beriringan dengan tahapan pendidikan anak.

Demikian tadi tips memilih asuransi pendidikan terbaik untuk anak yang bisa diterapkan saat hendak menata masa depan pendidikan mereka.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *