Cedera, Perjalanan Marc Marquez di MotoGP 2022 Berakhir

Marc Marquez di MotoGP 2022
Marc Marquez/Tangkapan Layar

Olahraga, SAKATA.ID: Karena cedera dan harus menjalani operasi, perjalanan Marc Marquez di MotoGP 2022 ini diyakini sudah berakhir.

Pembalap berusia 29 tahun ini memutuskan untuk menjalani operasi di Amerika Serikat seusai balapan di Italia, Minggu (29/5/2022).

Bacaan Lainnya

Apabila operasi itu berhasil, Kepala Mobile Clinic MotoGP, dr Michele Zasa meyakini Marquez akan butuh waktu pemulihan yang cukup lama.

Diketahui, Marquez memutuskan menjalani operasi untuk menyembuhkan bagian humerus kanannya.

Menurut Zasa, rasa sakit usai operasi terlihat jelas, itu bukti bahwa semua proses operasi tidak optimal. Masa pemulihannya pun sulit untuk diperkirakan saat ini.

Tapi, lanjut dia, selesai operasi nanti, pembalap yang jadi Juara Dunia MotoGP enam kali itu bisa butuh waktu empat sampai enam bulan pemulihan pascaoperasi.

Rencana berhentinya Marc Marquez di MotoGP 2022 ini disampaikan direktur tim Repsol Honda Alberto Puig dalam sebuah konferensi pers darurat usai kualifikasi MotoGP Italia 2022, Sabtu (28/5/2022).

Hadir juga Marquez di konferensi pers tersebu. Menyampaikan bahwa rider berkebangsaan Spanyol itu akan berhenti balapan usai MotoGP Italia.

Sementara itu, bagi rekan setim, Pol Espargaro mengatakan absennya Marc Marquez di MotoGP2022 karena harus operasi humerus akan memberikan masalah bagi Honda.

Apalagi saat ini, menjelang MotoGP Italia 2022 di Sirkuit Mugello. Bagi dia, kehilangan Marquez adalah kabar buruk untuk Honda.

Selain kehilangan pembalap andalan, Espargaro pun pada akhirnya harus menggunakan komponen baru dari motor Honda yang akan digunakan di MotoGP Italia.

Ia mengungkapkan, komponen itu adalah sasis dan swingarm baru. Padahal sebelumnya diuji Marc Marquez.

Ketika Marquez absen, dia lah yang akan memakainya. Hanya saja, apabila tanpa kecocokan dan penyesuaian yang baik, komponen itu bisa memberikan kesulitan bagi Espargaro.

Ia menegaskan, bahwa masalahnya adalah dirinya belum bisa menguji bagian baru yang telah diuji oleh Marc Marquez.

Espargaro juga mengaku, tidak tahu arah mana yang Marquez tuju. Karena Marc dan dirinya menggunakan sasis dan swingarm yang berbeda.

Diketahui, Marc Marquez memutuskan menjalani operasi keempat guna memulihkan lengan kanan yang patah pada 2020 lalu. Operasi itu akan dilakukan di Amerika Serikat usai MotoGP Italia, pada Minggu.

Kemungkinan besar, jika dioperasi, karier Marc Marquez di MotoGP 2022 akan berakhir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.