Meski Hajar Myanmar 5:1, Timnas Indonesia Tetap Gagal ke Semifinal

Timnas Indonesia tetap gagal
Klasemen Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2022 di Peringkat 1 Namun Tetap Gagal ke Semifinal/Tangkapan Layar

Olahraga, SAKATA.ID: Timnas Indonesia U-19 tetap gagal melenggang ke semifinal Piala AFF U-19 2022 meski sukses mengalahkan Myanmar 5-1, Minggu (10/7/2022).

Indonesia yang wajib memenangkan pertandingan demi menjaga peluang lolos ke babak semifinal tampil agresif sejak menit awal.

Bacaan Lainnya

Laga yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi itu juga dipenuhi supporter Timnas yang ingin menyaksikan kemenangan Sang Garuda Muda.

Alih-alih mencetak gol lebih dahulu Timnas Indonesia malah dikejutkan dengan gol cepat La Min Htwe pada menit keenam. Gol Myanmar tercipta melalui sundulan La Min Htwe yang mampu memanfaatkan umpan sepak pojok.

Kemudian pada menit ke-11, Indonesia berhasil mencetak gol balasan pada menit ke-17 lewat sundulan apik kapten Muhammad Ferarri. Dia sukses memanfaatkan umpan tendangan bebas Arkhan Fikri.

Lalu, Indonesia berbalik unggul 2-1. Pada menit ke-25 tendangan spektakuler Arkhan Fikri dari luar kotak penalti berhasil menjebol gawang Myanmar yang dijaga kiper Htet Soe.

Meskipun Htet Soe sempat melakukan blok, namun laju bola terlalu deras dan tetap masuk ke gawang.

Enam menit berselang, untuk kedua kalinya Ferarri mencetak gol pada pertandingan. Dan membawa Indonesia unggul 3-1. Gol tersebut dia ciptakan melalui sundulan meneruskan tendangan bebas Zanadin Fariz.

Striker Timnas Indonesia, Rabbani benar-benar menunjukkan kelasnya pada laga ini. Setelah mendapatkan umpan terobosan, dia berduel dengan bek Myanmar sebelum akhirnya melepaskan tembakan keras dari sudut sempit dan membawa Indonesia unggul 4-1.

Keunggulan 4-1 untuk Timnas Indonesia ini bertahan hingga jeda babak pertama.

Di babak kedua, tepatnya pada menit ke-73, Ronaldo Kwateh memperlebar keunggulan Indonesia menjadi 5-1. Umpan manis Arkhan ke kotak penalti langsung disambar tendangan keras Ronaldo di dalam kotak penalti, dan gol.

Meskipun unggul 5-1 pasukan Garuda tak mengendurkan serangan. Anak-anak asuhan Shin-tae Yong ini terus melakukan penekanan. Namun, tak ada gol tambahan yang tercipta hingga laga ini selesai.

Sayangnya, kemenangan telak yang diraih Indonesia atas Myanmar ini jadi tidak berarti. Lantaran di tempat terpisah Vietnam yang berduel dengan Thailand bermain imbang 1-1.

Sehingga Vietnam dan Thailand sama-sama mengemas 11 poin sekaligus berhak lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022. Dan Timnas Indonesia tetap gagal ke Semifinal.

Indonesia yang berstatus sebagai tuan rumah harus rela tersingkir meskipun mengoleksi 11 poin, sama dengan Virtnam dan Thailand. Indonesia menduduki peringkat 3 kalah head to head dari klasemen kecil bersama Vietnam dan Thailand.

Merujuk pada aturan baru Piala AFF U-19 2022 bahwa penentuan tim yang lolos ke semifinal jika memiliki poin sama menggunakan head to head, bukan dengan selisih gol.

Jadi, meskipun Timnas Indonesia U-19 berhasil menghajar Myanmar 5:1, tetap gagal ke Semifinal Piala AFF U-19 2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.