Kenapa Motor Matic Tidak Bisa Digas ?, Pemudik Wajib Tahu

foto:otomotifnet

Otomotif, Sakata.id:- Mudik-mudik-mudik, ya sebentar lagi ummat muslim Indonesia akan menjalankan trdasi pulang kampung menjelang hari raya idul fitri. Sebelum mudik, kamu yang akan menggunakan kendaraan pribadi seperti motor, harus mengetahui beberapa penyakit yang biasa melanda kendaraan kamu. Nah, kebanyakan saat ini banyak pengguna motor matic. Kamu harus tahu kenapa motor matic tidak bisa digas ?.

Kebayangkan, jika dalam perjalanan mudik, kamu dihadpakan dengan permasalahan sepeda motor seperti mesinn tiba-tiba mati, saat dipakai, apalagi posisi kamu sudah jauh dari titik berangkat dan masih jauh ke titik tujuan. Memang masalah seperti itu paling menyebalkan.

Bacaan Lainnya

Kamu tidak tahu seberapa dekat bengkel motor saat diperjalanan, jadi ketika tiba-tiba motor matic kamu tidak bisa digas atau mati mendadak, santai dulu, jangan panik. Ketenangan sangat penting, tepikan dulu motor mogokmu itu ke tepi jalan?. Taukan, kalau dibiarkan di tengah jalan, pasti dapat omelan pengguna jalan lain. Jangan parkirkan motor di tengah jalan oke !.

Pas ditepikan di pinggir jalan, pakai standar dua ya, agar berdiri lebih kokoh, gak mudah jatuh. Nan sekarang kamu harus tau juga kenapa motor matik tidak isa digas, kamu harus tahu nih beberapa penyebabnya, dan apa solusi atau tindakan yang harus kamu lakukan disaat seperti itu.

Tersumbatnya Sirkulasi Tangki Bensin

Nah, pasti kamu bertanya apa benar tangki bensin yang tertutup rapat memiliki sirkulasi udara ?. Tangki bensin kan tertutup. Nah kamu cari deh lubang kecil di tutup tangki, nah itulah lubang sirkulasi yang bertugas memberikan tekanan udara agar tangki berfungsi dengan baik.

Kalau lubang kecil itu tersumbat, dia tidak akan berfungsi untuk menurunkan bensin ke ruang bakar. Itu salah satu yang menyebabkan motor matic tidak bisa digas. Ini berlaku untuk semua motor juga sih, termasuk motor injeksi.

Nah kalau udah tahu kendalanya di sana, apa yang harus kita lakukan ?. Tersumbantnya lubang sirkulasi tangki bensin itu biasanya karena kotoran, bukan kotoran hewan, tetapi kotoran debu yang memasir. Buka tutup tangki, bersihnkan pakai sikat, atau lap. Tutup lagi tangki bensinnya. Setelah itu coba deh nyalain lagi mesin, siapa tahu langsung jos, nyala dan bisa digas kembali.

Habis Bensin

Ini hal yang sederhana tapi kamu gak peka. Bisa jadi motor kamu mati tiba-tiba karena bensinnya habis. Semua jenis motor kalau sudah habis bensin ya pasti mendadak. Makanya pastikan kamu mengecek isi bensin di tangki sebelum memulai perjalanan, dan mengisi tanki bensin full, jika perjalanan mudik kamu jarak tempuhnya sangat jauh.

Kamu bisa saja tidak mengetahui bensin kamu habis karena misal, indikator level bahan bakar motor kamu rusak, atau memang motor kamu tidak memiliki indikator bahan bakar. Jadi mana tahu bensin motor kamu masih penuh atau sudah habis.

Nah solusinya kalau habis bensin, gak ada lagi cara selain kamu cepat-cepat pergi ke pom bensin terdekat. Sebenarnya untuk kasus habis bensin, kalau sudah tahu, ketika gas berebet itu salah satu gejala bensin mau habis. Jadi mending langsung antisipasi mencari pom bensin sebelum motor kamu tiba-tiba mati.

Busi Motor Lemah

Busi lemah juga menjadi salah satu penyebab kenapa motor matic kamu tidak bisa digas alias mati mendadak. Busi yang lemah menyebabkan pengapian tidak berfungsi dengan sempurna, mesin jadi berebet dan mesin bisa mati tiba-tiba.

Solusinya kamu cek busi dengan melepasnya. Tetapi saat mencopot busi pastikan mesin motor kamu tidak sedang panas, biarkan dulu dingin. Copot busi dengan kunci busi. Nah, biker pemudik harus sedia ni kunci-kunci termasuk kunci busi.

Jika sudah berhasil dicopot, kamu lihat bagian kepala busi, hitam pekat atau nggak. Kalau hitam pekat wajib diganti. Tapi kalau ternyata kepala busi hanya kotor biasa, bersihkan dengan lap kering, lalu kamu pasang lagi dan coba nyalakan mesin.

Mesin Overheat

Penyebab lain dari motor matic tidak bisa digas atau mati mendadak, bisa jadi karena terjadi overheat, atau mesin panas. Biasanya ini disebabkan tersumbatnya sirkulasi oli, jika tersumbat ring piston akan kering dan itu bisa memacu suhu panas. Jika panasnya berlebihan itu akan menyebabkan mesin tiba-tiba mati.

Menghadapi situasi seperti ini, kamu harus mematikan motor, dan mendiamkannya dalam beberapa waktu hingga mesin benar-benar dingin. Setelah itu cek keadaan ili, jika benar-benara kurang, isi ulang sampai batas optimal. Lalu coba nyalakan kembali motor.

Filter Udara Kotor

Penyebab lain dari mesin motor matic tiba-tiba mati, itu karena terjadi masalah pada filter udara. Biasanya jika filter udara kotor, ini akan berpengaruh pada suplai bahan bakar pada karburator atau injeksi mesin.

Untuk mengatasi masalah ini kamu harus rutin melakukan pengecekan pada filter udara secara berkala. Apalagi jika kamu hendar melakukan perjalanan jauh seperti mudik lebaran. Kondisi filter udara jangan sampai tidak dicek.

Karburator atau Injeksi Kotor

Nah karburator dan injeksi yang kotor oleh debu bisa menyebabkan terganggun fungsi dalam menyalurkan bahann bakar motor matic kamu. Jika bahan bakar tidak tersalurkan dengan baik, maka ini akan berpengaruh pada aliran listri dan tenaga motor kamu berkuruang.

Solusinya, kamu harus rutin membersihkan karburator dari debu dengan service berkala ke bengkel terdekat. Karena membersihkan karburator idealnya dengan menggunakan kompressor ya. Dan itu ada di bengkel tentunya.

Itulah beberapa sebab kenapa motor matic tidak bisa digas lalu mati mendadak. Sekadar saran, melakukan pemeliharaan motor ke bengkel resmi adalah solusi terbaik, sehingga seluruh kondisi komponen bisa dicek.

Buat kamu yang akan pulang kampung dengan menggunakan motor matic, pastikan kondisi seluruh komponen motor sudah tercek dengan baik. Mulai dari tangki bensin, bensin, karburator, filter udara, busi, pastikan dalam kondisi aman dan tidak akan mengalami trouble mesin di perjalanan.**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.