Kasad Jenderal Agus Subiyanto ke Ciamis, Deklarasi Pemilu Damai 2024

Deklarasi Pemilu Damai
Deklarasi Pemilu Damai di Kabupaten Ciamis/Ist

Politika, CIAMIS: Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Agus Subiyanto datang ke Kabupaten Ciamis untuk menghadiri Deklarasi Pemilu Damai 2024 di Gedung K.H. Irfan Hielmy, Senin (4/11/2023).

Kali ini, Kabupaten Ciamis dijadikan tempat deklarasi Pemilu Damai 2024 tingkat Provinsi Jawa Barat.

Bacaan Lainnya

Kehadiran Jenderal Agus Subiyanto dalam acara tersebut memberikan dorongan positif untuk menciptakan pemilihan yang damai dan sejuk.

“Deklarasi Pemilu damai ini mempersiapkan seluruh komponen masyarakat di Jawa Barat untuk melaksanakan Pemilu 2024 dengan damai dan sejuk. Guna mewujudkan demokrasi yang bermartabat,” kata dia.

Ia juga mengimbau semua komponen masyarakat untuk mematuhi peraturan dan ketentuan hukum yang berlaku dalam pelaksanaan Pemilu.

Selain itu, dirinya berharap masyarakat menghindari tindakan provokatif, seperti menghasut untuk menyebarkan ujaran kebencian.

Sebagai aparatur negara, dia berpesan kepada seluruh masyarakat, agar berperan aktif dalam menciptakan situasi dan kondisi yang damai. Dengan menjaga kekondusifan daerah berarti turut serta mendukung kesuksesan Pemilu.

“Harus ada semangat kerja sama dan komitmen dari semua. Untuk menjaga keamanan dan kedamaian. Dengan begitu, Pemilu 2024 di Jawa Barat berjalan lancar dan demokratis,” ujar dia.

Deklarasi Pemilu Damai 2024 ini ditandai dengan pengucapan serta penandatanganan komitmen oleh para pimpinan partai, pimpinan organisasi masyarakat, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

Harapkan Partisipasi Masyarakat Meningkat

Sementara itu, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya yang hadir dalam kesempatan itu menyatakan bahwa pemilihan umum adalah kesempatan bagi warga negara untuk memilih pemimpin yang mencerminkan nilai-nilai dan aspirasi mereka.

Ia menyoroti bahwa partisipasi aktif dalam proses pemilu merupakan tanggung jawab kewarganegaraan yang penting.

Dia menjelaskan, jumlah pemilih tetap di Kabupaten Ciamis mencapai 965.589 jiwa. Itu tersebar di 27 kecamatan, 258 desa, dan tujuh kelurahan.

Herdiat menyampaikan bahwa Kabupaten Ciamis dinyatakan aman, kondusif, dan terkendali. Kondisi ini menjadikannya tempat yang siap untuk melaksanakan Pemilu damai pada 14 Februari 2024.

Melalui Deklarasi Pemilu Damai, dia berharap, partisipasi masyarakat dapat meningkat dengan target mencapai 85 persen.

“Partisipasi pemilih pada pemilu sebelumnya juga sudah luar biasa. Di Ciamis mencapai 82 persen. Semoga Pemilu mendatang partisipasinya meningkat,” harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *