5 Cara Menghaluskan Kulit Kasar, Kering & Sensitif

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
ilustrasi.
ilustrasi

RAGAM, Lifestyle, Sakata.id:- Setiap perempuan pasti mendambakan kulit halus dan sehat, sebagian dari mereka melakukan berbagai cara menghaluskan kulit menggunakan produk-produk skincare yang dijual di pasaran.

Menggunakan produk perawatan wajah atau skincare memang bukan sesuatu hal yang berbahaya, namun rentan membuat kulit semakin bermasalah untuk jenis kulit sensitif

Bacaan Lainnya

Kulit sensitif biasa akan mudah bereaksi ketika terpapar zat-zat kimia yang terkandung dalam produk perawatan kulit.

Oleh karena itu, bagi pemilik kulit sensitif sebaiknya menghindari melakukan cara menghaluskan kulit dengan produk-produk yang bukan dikhususkan untuk kulit sensitif.

Sebagai alternatifnya dapat mencoba  cara alami berikut untuk mengatasi kulit kasar.

5 Cara Menghaluskan Kulit Kasar dan Kering

Lakukan Eksfoliasi Secara Rutin

Melakukan eksfoliasi secara rutin pada kulit bertujuan untuk membersihkan lapisan kulit mati dan minyak yang ada pada wajah.

Cara ini juga dapat mempercepat pembelahan sel kulit dan membantu meningkatkan aliran darah.

Dengan begitu kulit wajah akan mendapatkan cukup nutrisi dan oksigen sehingga membuatnya terasa lebih halus dan sehat.

Untuk melakukan eksfoliasi pada kulit wajah dapat menggunakan bahan-bahan alami, seperti dari oatmeal, bubuk kopi, dan scrub dari gula.

Bahan-bahan alami tersebut dapat ditemukan dengan mudah bahkan tidak perlu repot-repot membelinya keluar karena bahan tersebut biasanya tersedia di dapur.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal lakukan eksfoliasi kulit secara rutin paling tidak tiga kali dalam seminggu menggunakan bahan-bahan alami tersebut.

Rutin Minum Air Putih dan Istirahat yang Cukup

Meskipun terlihat seperti, cara ini sangat membantu merawat kesehatan kulit secara alami, ketika seseorang kekurangan asupan cairan dalam jangka panjang akan mengakibatkan dehidrasi pada tubuh.

Salah satu penyebab kulit kasar dan kering dapat diakibatkan karena tubuh mengalami dehidrasi.

Dehidrasi biasanya ditandai dengan adanya kulit bersisik, kering, kasar, dan terlihat kusam sehingga diperlukan asupan cairan yang cukup.

Setidaknya rutin mengonsumsi air putih untuk mendapatkan kulit halus dan sehat, tidak hanya itu tidur yang cukup juga dapat membantu merawat kesehatan kulit.

Saat tidur perbaikan kolagen pada tubuh akan meningkat sehingga membuat kulit menjadi lebih sehat dan halus.

Kolagen termasuk serat protein yang menyusun bagian kulit, rambut, dan kuku sehingga ketika kulit memiliki kolagen yang cukup kulit akan terasa lebih kenyal, halus, dan sehat.

Menggunakan Minyak Kelapa untuk Menjaga Kelembaban Kulit

Minyak kelapa merupakan bahan alami yang bisa digunakan untuk menghaluskan dan melembapkan kulit. Kulit yang lembab biasanya akan terhindar dari masalah kulit kasar dan bersisik.

Cara menghaluskan kulit kasar menggunakan minyak kelapa cukup mudah dilakukan, caranya siapkan satu sendok makan minyak kelapa.

Lalu oleskan ke bagian kulit yang dirasa kasar dan kering saat menjelang tidur, biarkan selama semalaman dan bilas hingga bersih keesokan harinya.

Menggunakan Masker Berbahan Alpukat

Jika mengalami kulit kasar dan kering di bagian wajah, bisa mencoba cara ini. Masker wajah yang terbuat dari buah alpukat dan minyak zaitun dapat membantu menghaluskan kulit wajah.

Buah alpukat disinyalir dapat melindungi kulit dari penuaan dini karena di dalamnya mengandung banyak zat yang dapat menyehatkan kulit.

Di antaranya adalah karotenoid, antioksidan, vitamin C, dan vitamin E yang dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Sedangkan kandungan vitamin C sangat dibutuhkan tubuh dalam memproduksi kolagen dan meningkatkan elastisitas kulit agar tetap halus dan kenyal.

Menggunakan Masker Pisang dan Yogurt

Di dalam buah pisang mengandung vitamin C yang sangat berguna untuk menjaga agar kulit tetap halus dan kenyal. Sedangkan bahan yogurt mengandung kalsium yang memiliki peran penting dalam melembapkan kulit.

Yogurt juga mengandung vitamin B dan zinc yang bermanfaat untuk membantu mencerahkan dan mengatasi masalah kulit.

Jadi bukanlah hal yang sulit untuk membuat kulit tetap sehat dan halus dengan melakukan cara menghaluskan kulit di atas bagi pemilik kulit sensitif.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *