Dies Natalis, HMI Komisariat Syariah Darussalam Gelar Potong Tumpeng

Regional, CIAMIS: Himpunan Mahasiswa Islam atau HMI Komisariat Syariah Darussalam Ciamis gelar acara dies natalis yang ke-6, Sabtu (6/2/2022).

Ketua pelaksana Adytya Maulana Aziz menjelaskan, acara tersebut mengusung tema “Menyulut Animo Kesadaran Historis Perjuangan HMI Syariah dalam Mewujudkan Progresifitas dan Altruisme Kader untuk Menciptakan Tujuan Organisasi”.

Bacaan Lainnya

Acara yang digelar di ruang D301 Fakultas Tarbiyah IAID itu diisi dengan pemotongan tumpeng dan kegiatan lainnya.

Kegiatan dimulai sekitar pukul 09.30 WIB., dihadiri oleh tamu undangan dari organ internal dan eksternal kampus.

Ketua umum HMI Komisariat Syariah Darussalam Fajar Miftah Fauzi mengungkapkan bahwa dalam perayaan ulang tahun yang ke-6 ini harus jadi virtualisasi dengan menjadi kesadaran.

Ia juga mengatakan, umur HMI sudah 75 tahun. Itu bukan umur yang pendek untuk sebuah organisasi.

“Terus bersemangat. HMI ke-75 tahun bukan perkiraan yang pendek. Tapi semakin organisasi itu tua maka semakin tajam perjuangannya. Semakin banyak tanggung jawabnya,” kata Fajar.

Sementara itu, Ketua umum HMI Cabang Ciamis Dede Aos Firdaus mengungkapkan, pada dasarnya ber-HMI itu, bagaimana caranya dapat mengembangkan diri. Baik intelektual, wawasan ataupun yang lainnya.

Dalam acara ini juga terdapat kajian panel yang dilaksanakan di Komisariat Syariah Darussalam. Ada tiga ‘pemantik’ yang dihadirkan yakni Dede Aos Firdaus, Ilham Nur Suryana, dan Cucu Nugraha.

Tentang HMI


Organisasi mahasiswa ini didirikan di Yogyakarta. Tepatnya pada tanggal 14 Rabiul Awal 1366 H atau tanggal 5 Februari 1947.

Kala itu, Lafran Pane beserta 14 orang mahasiswa Sekolah Tinggi Islam atau Universitas Islam Indonesia sekarang, yang memprakarsainya.

Dalam perkembangannya HMI terpecah menjadi dua. Lantaran adanya upaya rezim Orde Baru ketika itu dalam meletakkan asas tunggal Pancasila.

Ada pihak yang merapat ke kekuasaan Orde Baru disebut HMI Dipo. Sementara yang tetap menggunakan asas Islam disebut HMI MPO. Namun, keduanya tetap menyebut sebagai HMI dalam dokumen organisasinya.

Banyak alumni HMI yang sudah menjadi tokoh. Seperti Menkopolhukam Mahfud MD.

Saat ini Ktua Umum Pengurus Besar HMI periode 2021/2023 dijabat oleh Raihan Ariatama.

Pria kelahiran 25 Desember 1992 itu terpilih dalam Kongres ke-XXXI HMI di Surabaya, tahun 2021.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.