Kolaborasi dengan Perhutani, DPRKPLH Ciamis Bikin Aksi Bersihkan Hutan

DPRKPLH Ciamis Bikin Aksi
DPRKPLH Ciamis Bikin Aksi Bersihkan Hutan di Hari Lingkungan Hidup 2022/Ist

Regional, CIAMIS: Melalui DPRKPLH, Pemerintah Kabupaten Ciamis lakukan kolaborasi dengan Perhutani dan Balai Penerapan Standar Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan bikin aksi bersihkan hutan dari sampah anorganik.

Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup yang jatuh setiap tanggal 5 Juni.

Bacaan Lainnya

Kegiatan membersihkan hutan dari sampah anorganik itu dilakukan di Hutan Penelitian Cigerendeng, Kecamatan Cisaga pada Senin (6/6/2022).

Tema dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup itu adalah Hanya Satu Bumi untuk Masa Depan.

Kepala DPRKPLH Ciamis Taufik Gumelar mengatakan, pihaknya kolaborasi bikin aksi bersihkan hutan dari sampah anorganik adalah upaya untuk melestarikan alam dan lingkungan.

Ia mengungkapkan, kegiatan bersih hutan itu tidak hanya dilakukan oleh pihak pemerintah dan petugas kebersihan. Masyarakat setempat pun turut serta dalam aksi bebersih lingkungan hutan ini.

Menurut dia, hasil dari aksi bersih-bersih hutan itu ada satu truk sampah anorganik yang terkumpul yang kemudian dibuang ke tempat pembuangan akhir sampah (TPAS).

Dalam rangka Hari Lingkungan Hidup 2022 ini, selain bikin aksi bersihkan hutan Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui DPRKPLH juga telah melaksnakaan beberapa kegiatan.

Seperti melakukan penanaman pohon di kampung iklim (Proklim) di beberapa desa yang ada di Kecamatan Panjalu dan Cipaku, Kabupaten Ciamis. Kegiatan ini dengan tujuan penghijauan.

Lalu pihaknya juga melakukan pembentukan 29 sekolah Adiwiyata, dari tingkat RA, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan tingkat Sekolah Menengah Atas.

Taufik mengungkapkan, pihaknya juga telah melaksankaan pembinaan terhadap para pelaku usaha yang berpotensi melakukan pencemaran lingkungan. Ada 10 lokasi yang disambangi.

Kemudian, menggelar kegiatan pembuatan biopori pada lokasi Proklim di Dusun Cinyenang, Desa Sidamulya, Kecamatan Cisaga. Tujuannya adalah untuk meningkatkan resapan air serta memperbaiki kondisi tanah.

Taufik mengatakan, DPRKPLH Ciamis pun terus membentuk bank sampah dan maggot serta memberikan pembinaan terhadap 45 bank sampah yang ada di Tatar Galuh ini.

Dalam momentum Hari Lingkungan Hidup 2022 ini, dia mengajak kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga alam dan lingkungan demi masa depan bumi yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.