Perpustakaan Ciamis Pamerkan Batik Hasil Gambar Siswa SD

Perpustakaan Ciamis pamerkan
Perpustakaan Ciamis Pamerkan Batik Ciamisan Hasil Menggambar Siswa/SAKATA.ID

Regional, CIAMIS: Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ciamis pamerkan berbagai motif batik Galuh hasil menggambar siswa SD dan SMP.

Gelaran pameran batik ini dimulai tanggal 14 Mei dan akan berakhir pada tanggal 30 Mei 2022 mendatang.

Bacaan Lainnya

Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Menggambar Nasional. Pameran batik ini dibuka oleh Komunitas dan Forum Drawing Indonesia Kabupaten Ciamis

Puluhan batik dan karya seni yang dipamerkan di Perpustakaan Ciamis ini merupakan hasil karya dari siswa SD dan SMP di Ciamis.

Sebelumnya, para siswa itu telah mendapat arahan dan bimbingan dari Komunitas Edukasi Batik Ciamis.

Banyak jenis motif batik Ciamisan yang dipajang di lorong dan dinding Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan tersebut.

Motif batik yang cukup terkenal dipajang di sana, batik Galuh Pakuan, motif Ciung Wanara dan Ronggeng Gunung. Perpustakaan Ciamis juga pamerkan batik dengan motif tumbuhan, bunga, dan hewan.

Kegiatan ini mengangkat tema Kearifan Lokal Menapak Jejak Karuhun. Banyak siswa yang datang ke acara tersebut mengaku senang mendapat oengetahuan baru.

Seperti yang diungkapkan siswa SDN 2 Ciamis, Rara, ia baru tahu kalau Ciamis ini ternyata memiliki banyak jenis motif batik.

“Seneng saya melihatnya. Ternyata banyak jenis batik yang bagus dan indah-indah. Jadi selama ini ternyata di Ciamis juga banyak jenis motif batiknya,” kata dia.

Ia juga mengungkapkan bahwa sangat suka dengan batik Ciamisan. Perpustakaan Ciamis pamerkan batik juga menambah ilmu bagi pengunjung.

Sementara itu, Perwakilan Panitia Hari Menggambar Indonesian, Jevan Ibnu Sahid mengatakan, pameran ini sebagai bentuk eksplorasi budaya Ciamis.

Tema yang diangkatnya pun tentang kearifan lokal supaya batik Ciamis ini lebih terkenal sampai tingkat nasional.

Jevan menjelaskan tentang teknik pembuatan batik yang dipamerkan. Sebagian batik merupakan hasil cap dan lainnya lagi hasi dari teknik menulis.

“Untuk jenis dan teknik batik ada beberapa jenis, teknik tulis dan cap. Semua yang ditampilkan adalah hasil karya anak SD dan SMP. Mereka telah mendapat edukasi sebelumnya,” kata dia.

Sementara itu, produk hasil khas Ciamisan yakni, Motif Galuh Pakuan, motif Ciungwanara, dan Ronggeng Gunung. Untuk seni lukisnya tema budaya seperti macan Gunung Sawal dan lainnya yang berhubungan dengan Tatar Galuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.